Buku / Bahan Ajar Front Office Kelas XI SMK Kurikulum 2013

https://perpustakaank13.blogspot.com/
Buku / Bahan Ajar Front Office Kelas XI SMK Kurikulum 2013

Perpustakaan ku - Buku / Bahan Ajar Front Office Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Perhotelan & Jasa Pariwisata Kompetensi Keahlian Perhotelan


Tujuan Front Office
Front office Merupakan salah satu department yang terdapat pada sebuah hotel yang mempunyai fungsi dan peranan penting untuk mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh hotel. Sedangkan tujuan dari Front Office adalah sebagai berikut :
  1. Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun
  2. Meningkatkan jumlah tamu langganan yang datang
  3. Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, mulai saat tamu datang, saat menginap, bahkan sampai meninggalkan hotel
  4. Membentuk citra hotel yang positif

Fungsi Front Office
Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut front office mempunyai fungsi dan peranan. Fungsi dan peranan dari kantor depan dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Adapun fungsi dari kantor depan adalah sebagai berikut:
  1. Menjual kamar: dalam penjualan kamar dilakukan kegiatan menerima dam memproses reservasi, melakukan pendaftaran tamu, sampai memblok kamar
  2. Memberikan informasi tentang seluruh produk. fasilitas, pelayanan serta aktivitas yang ada didalam maupun diluar hotel
  3. Mengkoordinasikan kepada bagian yang lain yang terkait dalam rangka memenuhi keinginan tamu, serta memberikan pelayanan yang maksimal.
  4. Melaporkan status kamar yang terkini
  5. Mencatat, memeriksa pembayaran tamu, serta menangani rekening tamu
  6. Membuat laporan yang dibutuhkan hotel
  7. Memberikan layanan komunikasi
  8. Memberikan pelayanan barang bawaan tamu.
  9. Menyelesaikan keluhan tamu

Peranan Front OfficeSelain mempunyai fungsi penting Front Office juga mempunyai peranan penting dalam pelayanan dan pencapaian tujuan hotel yakni meinberikan pelayanan yang diharapkan oleh tamu, membentuk citra hotel yang positifserta dalam ranaka mencapai pendapatan yang maksimal. Peranan tersebut adalah:
  1. Pemberi informasi(informan): petugas front office diharapkan mampu memberikan informasi yang jelas, benar, dan cepat tentang produk, fasilitas, pelayanan, serta aktivitas yang ada di hotel maupun di luar hotel Informasi ini diberikan tidak hanya kepada tamu tetapi juga diberikan kepada kolega/teman sejawat.
  2. Penjual ( sales person ): petugas front office diharuskan mempunyai jiwa menjual. Selain dikarenakan fungsi utama menjual produk hotel, bagain ini merupakan bagian yang sering berhubungan langsung dengan tamu.
  3. Wakil Manajemen. Petugas front office dalam keadaan tertentu dapat menjadi wakil manajemen untuk mengatasi/menyelesaikan masalah yang timbul diluar jam kerja menajemen
  4. Penyimpan data: Sumber data kegiatan hotel banyak berasal dari laporan yang dibuat oleh petugas front office dan penyimpanan data tersebut juga di front office Oleh sebab itu data yang dibuat dan disimpan harus selalu up to date, sehingga manajemen dapat membuat keputusan dan kebijaksanaan yang tepat untuk masa yang akan datang.Diplomatis- petugas front office pada situasi dan kondisi tertentu dapat diharapkan melakukan tindakan secara diplomatis sehingga dapat menjaga hubungan yang baik dengan tamu dan dengan pihak lain.
  5. Pemecah Masalah: petugas front office diharapkan mampu memecahkan masalah yang dialami oleh tamu terhadap pelayanan baik yang terjadi di area front office maupun yang terjadi di area lain.
  6. Humas. Petugas front office berperan secara baik., aktifdalam hubungan dengan tamu, dan masyarakat sekitar agar terjadi hubungan yang harnionis dan berdampak pada pembentukan citra hotel yang baik.

Atribut Kepribadian Seorang Petugas Front Office
Kepribadian seorang petugas kantor depan sangat berpengaruh terhadap produk dan pelayanan yang akan diberikan, sebab harapan dan keinginan tamu yang datang ke hotel adalah menginginkan satu paket yang terbaik antara produk, pelayanan. dan proses pemberian pelayanan tersebut.
  1. Atribut kepnbadian yang hams dimiliki oleh seorang petugas front office adalah:
  2. Mempunyai pengetahuan yang baik tentang produk hotel ( good general knowledge of hotel product )
  3. Berpenampilan yang baik dan rapi ( good performent )
  4. Mempunyai keahlian yang baik (good skils )
  5. Dapat dipercaya
  6. Mampu berdiplomasi
  7. Berinisiatif
  8. Berkelakuan baik ( good attitude )
  9. Mempunyai kemauan yang besar untuk selalu memberikan pelayanan.

Struktur Organisasi Front Office
Struktur organisasi kantor depan sangat dipengaruhi oleh besar atau kecilnya suatu hotel. banyak atau sedikitnya jumlah karyawan, serta sistem operasional yang digunakan oleh hotel. Semakin besar hotel maka semakin rumit pula struktur yang digunakan, demikian juga sebaliknva. bila semakin kecil suatu hotel maka semakin sederhanalah struktur yang digunakan. Berikut ini adalah contoh struktur organisasi front office pada hotel besar

Peralatan dan.Formulir Front Office
Pada dasarnya penggunaan peralatan dan jcnis formulir di hotel berbeda-beda tergantung pada sistem oprasional yang digunakan, kebutuhan kegunaan dan kebijaksanaan hotel tersebut. Semakin canggih sistem oprasional hotel, semakin canggih pula alat yang digunakannya. Begitu pula pada sistem oprasional semi otomatis, tidak digunakan komputer, tetapi menggunakan alat bantu sederhana berupa rak. Pada sistem oprasional manual hanya digunakan telepon dan counter reception

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Buku / Bahan Ajar Front Office Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Perhotelan & Jasa Pariwisata Kompetensi Keahlian Perhotelan silahkan download filenya di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Buku / Bahan Ajar Front Office Kelas XI SMK Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel