Sistem Administrasi Bisnis Retail

https://perpustakaank13.blogspot.com/
Sistem Administrasi Bisnis Retail
Tahukan anda apa yang dimaksud dengan sistem administrasi dalam bisnis retail?
Dalam bisnis retail, sebagai konsumen kita hanya melihat dari satu sisi saja yaitu sisi jual beli barang. Namun, kita tidak tahu menahu tentang kegiatan yang dilakukan di luar jual beli dalam bisnis retail.diluar kegiatan jual beli, ada yang dimaksud dengan system administrasi. Bisnis retail dilakukan untuk mencapai keuntungan baik jangka sekarang maupun jangka panjang. Untuk mencapai nya diperlukan perhitungan yang matang. Perhitungan ini dapat dilakukan dengan melakukan administrasi bisnis retail sehingga usaha yang kita lakukan tidak akan mengalami kerugian. Lalu, bagaimana cara melakukan sistem administrasi dalam bisnis retail? Simak pembahasan berikut.

Sebelum masuk pada materi tentang administrasi bisnis retail kita perlu mengenal apa itu administrasi bisnis retail. Dalam melakukan kegiatan kegiatan retail, perlu disiapkan berbagai perencanaan administrasi yang tepat. Hal tersebut disebabkan apabila mengalami kesalahan dalam system administrasi, kita akan mengalami kekalahan persaingan dengan peretail lainya. Kekalahan persaingan dalam bisnis retail dapat menyebabkan bisnis menjadi tenggelam dan kemungkinan mengalami kebangkrutan juga besar.administrasi dalam bisnis retail tentu akan sangat membantu dalam pengembngan bisnis retai. Untuk melakukanya dibutuhkan berbagai pengetahuan lebih supaya tidak terjadi kekeliruan dalam melakukan administrasi bisnis retail.oleh karena itu kita oerlu memahami berbagai sistem administrasi sebagai modal persaingan dalam kegiatan bisnis retail.

A. Mengenal sistem administrasi bisnis retail
Dalam melakukan sebuah usaha, baik itu retail maupun bisnis lainya tentu kita memerlukan system administrasi yang tepat supaya usaha kita terus berkembang.lalu,apa yang dimaksud dengan system administrasi dalam bisnis retail? Dalam arti sempit, administrasi dapat diartikan sebagai kegiatan penyusunan dan pencatatan data serta informasi secara sistematis yang memiliki tujuan menyediakan keterangan. Adapon dalam arti luas, administrasi diartikan sebagai kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh kelompok berdasarkan pembagian tugas kerja dengan mendayagunakan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan bersama. Lalu,apa yang berhubungan dengan system administrasi? Simak pembahasan berikut!
 
1. Unsur-unsur administrasi
Di dalam system adaministrasi dikenal beberapa unsur. Berikut berbagai unsur yang harus ada dalam system administrasi.
a Unsur kepegawaian
b Unsur keuangan
c Unsur perbekalan
d Unsur pengorganisasian
e Unsur tata usaha
f Unsur perwakilan
g Unsur menejemen
h Unsur tata hubungan

2. Manfaat administrasi dalam bisnis retail
Berikut beberapa manfaat yang didapatkan oleh perusahaan retail dengan menerapkan sistem administrasi.
a. Risiko kehilangan barang dapat diperkecil karena setiap transaksi (baik barang masuk, hasil pembelian, maupun barang keluar dari hasil penjualan) dapat dibukukan dengan rapi.
b. Perusahaan dapat dengan mudah menghubungi pihak-pihak lain melalui berbagai media komunikasi, baik itu rekaman, konsumen, instansi pemerintah, maupun supplier.
c. Pemilik perusahaan Akan dapat dengan mudah mengikuti perkembangan perusahaanya melalui laporan hasil pencatatan.
d. Memudahkan pelayanan purna jual kepada konsumen karena bukti transaksi konsumen dapat menunjukan bukti-bukti kesepakatan penjualan.

3. Kegiatan administrasi
Dalam melakukan administrasi setidaknya kita perlu melakukan beberapa kegiatan berikut.
a. Mengolah, artinya memperbanyak, menyalin atau membuat informasi menjadi lebih baru sehingga lebih berguna.
b. Menggandakan,artinya memperbanyak dengan cara/alat
c. Mengirim, artinya menyampaikan dari pihak satu ke pihak lain.
d. Menaruh, artinya kegiatan meletakan di tempat tertentu dengan maksud mudah untuk ditemukan kembali.
e. Menghimpun, artinya mengumpulkan segala keterangan yang tadinya berserakan sehingga dapat dipergunakan.
f. Mencatat, artinya membukukan berbagai transaksi atau berbagai keterangan.

4. Berkas-berkas administrasi
Guna mencapai kesuksesan dalam bisnis retail, kita perlu menyiapkan berbagai berkas pencatatan administrasi secara rinci. Komponen ini harus disiapkan selain berbagai barang, promosi, dan sumber daya manusia. Berikut beberapa berkas yang muncul dari adanya kegiatan administrasi dalam bisnis retail.
a. Berkas-Berkas pembelian
Transaksi pembelian bagi perusahaan retail yang dilakukan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan Baku dalam beroprasi menghasilkan produk untuk memenuhi stok barang yang ada digudang. Pada dasarnya, pembelian barang dapat dilakukan dengan pembelian tunai pembelian kredit. Bukti transaksi yang diperlukan pada pembelian tunai berupa nota kontan dan kuitansi, sedangkan pembelian kredit hanya menerima faktur saja. Berkas-berkas yang diperlukan dalam administrasi transaksi pembelian identic dengan surat pesanan, kartu persediaan, dan bukti permintaan dari gudang.
Download juga Buku Produk Kreatif dan Kewirausaan Kelas XI SMK
1) Surat pesanan
Surat pesanan bertujuan sebagai penjamin keabsahan pesanan sekaligus meyakinkan supplier. Dalam membuat Surat pesanan bagian pembelan melihat daftra harga dan persyaratan yang ditunjukan oleh beberapa supplier, sehingga dapat memilih supplier mana yang lebih menguntungkan bagi perusahaan atau toko retail. Beberapa hal yang harus dicantumkan secara jelas dalam Surat pesanan adalah sebagai berikut.
a) Kepala Surat yang berisi nama, alamat, dan nomor telepon perusahaan.
b) Nama perusahaan/nama supplier yang bersangkutan.
c) Jenis dan merek barang yang dipesen.
d) Harga barang yang dipesen.
e) Kesanggupan melakukan pembayaran.
f) Tanggal pesanan.
g) Otoritas dari kepala bagian pembelian dan direktur perusahaan (pemilik)

2) kartu persediaan
Barang yang telah masuk/berada di gudang akan dicatat pada kartu persediaan secara manual maupun dengan komputerisasi. Hal penting yang harus diperhatikan pada kartu persediaan identik dengan nama barang, kode barang, jumlah masuk dan jumlah keluar.
3) Bukti permintaan dari gudang
Bentuk formulir untuk permintaan dari gudang akan berhubungan dengan jenis barang dan spesifikasinya, banyaknya barang yang diminta, otorisasi atau pengesahan dari kepala bagian gudang, serta tanggal permintaan.

b. Berkas-Berkas penjualan
Dalam bisnis retail kita juga perlu menyiapkan berbagai berkas transaksi penjualan. Transaksi penjualan dimulai dari pesenan pelanggan saat diterimanya surat pesanan. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kredit maupun tunai. Berikut berbagai berkas administrasi penjualan secara kredit.
1) Kuitansi (official receipt)
2) Nota debit (debit memo) dan nota kredit (credit memo)
3) Faktur (invoice)

5. Standar Operational Procedure (SOP) Bukti transaksiSetiap jenis transaksi akan mempunyai SOP masing-masing yang dapat digambarkan sebagai berikut.
a. SOP Penjualan tunai
Pada bisnis retail, media penjualan yang paling aman adalah dengan pembayaran tunai. Pembayaran dengan tunai adalah penjualan yang terbebas dari risiko kerugian akibat tidak terbayarnya barang yang telah diambil. Standart Operational Procedure (SOP) untuk menangani administrasi penjualan tunai sebagai berikut.
1) Sebelum dijual, barang pesanan diperiksa terlebih dahulu supaya tidak terjadi kecacatan pada barang tersebut.
2) Melakuakan pencocokan invoice asli dan rangkap.
3) Membuat kuitansi sebagai tanda bukti penerimaan uang.
4) Mengirim barang kepada konsumen.
5) Bukti permintaan pelanggan dengan surat permintaan dari calon pembeli.
6) Negosiasi dibuktikan dengan notulen.
7) Membuat dan menandatangani surat perjanjian.
8) Membuat faktur pembelian dengan benar dan teliti.
 
b. SOP Pembelian tunai
Pembelian merupakan kegiatan memperoleh barang atau jasa dengan cara menukarnya dengan sejumlah uang yang sesuai dengan harga yang ditentukan penjual.
Standar Operational Procedure (SOP) untuk menangani pembelian tunai adalah sebagai berikut.
1) Perusahaan yang menjadi supplier barang harus mampu secara rutin menyediakan pasokan barang.
2) Dalam melakukan pembelian harus mempertimbangkan harga, kualitas, dan pelayanan saat membeli suatu barang atau jasa.
3) Bukti permintaan bagian penjualan atau produksi dibuktikan dengan surat permintaan.
4) Survei pasar dengan mengirimkan surat penawaran order kepada berbagai perusahaan untuk memperoleh harga dan kualitas barang yang terbaik.
5) Pemeriksaan barang dilakukan oleh ahlinya untuk mengecek apakah sesuai dengan pesanan atau tidak (baik kualitas maupun kuantitas).
6) Melakukan pembayaran transaksi-transaksi sesuai dengan prosedur pengeluaran kas.
7) Surat pesanan ditandatangani 0leh kepala bagian pembelian dan direktur utama perusahaan.
8) Membuat perjanjian yang memberikan perlindungan terhadap barang yang dibeli seperti garansi, pengambilan barang, dan sebagainya.
 Download juga Buku Produk Kreatif dan Kewirausaan Kelas XII SMK
c. SOP penjualan kredit
Penjualan kredit merupakan teknik menjual barang yang pembayaranya dapat diangsur samapai kurun waktu yang telah disepakati. Berikut SOP dalam melakuakan penjualan secara kredit.
1) Melakukan survei kepada calon pembeli yang yang dibuktikan dengan formulir bukti survei yang terisi lengkap.
2) Mendapat persetujuan dari manajer bagian kredit.
3) Pesanan pelanggan di buktikan dari surat permintaan pembeli.
4) Negosiasi dapat dibuktikan dari notulen.
5) Surat perjanjian dibuat sesuai dengan standar perusahaan.
6) Membuat invoice (faktur).
7) Mengirimkan barang yang dijual dengan cepat kepada konsumen sebagai pelayanan yang sempurna.
8) Aplikasi kredit dibuat oleh calon pembeli.
9) Memeriksa formulir aplikasi kredit, apakah sesuai dengan bukti-bukti yang diperlukan.
10) Apabila”ya”, dilakukan proses penjualan. Namun, apabila” tidak”, dikembalikan kepada calon pelanggan.
 
d. SOP Administrasi uang kas
SOP untuk menangani administrasi uang kas adalah sebagai berikit.
1) Mencocokan antara bukti pembelian yang dibawa supplier dengan rangkapnya, apabila cocok ambil bukti pengeluaran uang (bisa bank/tunai) kemudian supplier menandatangani bukti pengeluaran bank atau kuitansi.
2) Pengeluaran uang dimulai dari transaksi pembelian tunai, pembayaran utang, dan pembayaran lainya.
3) Menerima bukti transaksi (bukti pengeluaran bank/kuitansi) yang telah ditandatangani oleh supplier.
4) Memberikan cek atau uang tunai.
 
e. SOP Penerimaan kas
SOP Untuk menangani penerimaan kas adalah sebagai berikut.
1) Melakukan pemeriksaan bukti transaksi dengan teliti.
2) Transaksi dihitung dengan benar supaya tidak terjadi kekeliruan dikemudian hari.
3) Melakukan pemeriksaan uang yang diterima.
4) Menerima uang tunai yang dimulai dari transaksi yang menyebabkan kas.
5) Membuat kuitansi sebagai bukti transaksi.
 
B. Administrasi keuangan dalam bisnis retail
Dalam melakukan bisnis retail tentu kita mencari banyak ketentuan. Guna mendapatkanya dibutuhkan sIstem administrasi keuangan yang tepat. Berikut berbagai laporan keuangan dalam bisnis retail.
1. Laporan keuangan sebagai wujud kinerja usaha retail
Bagian-bagian dari laporan keuangan sebagai wujud kinerja usaha retail, antara lain sebagai berikut.
a. Neraca
Dalam neraca tercantum jumlah kekayaan, jumlah uang, dan modal sendiri bagi suatu usaha retail.
b. Laporan Laba rugi
Usaha retail dikatakan laba jika pendapatan lebih besar dibanding beban, sedangkan usaha ritail dikatakan rugi apabila pendapatan lebih kecil dari pada beban.
1) Penghasilan
Penghasilan usaha retail dapat diperoleh dari penjualan total kepada para pembeli selama periode yang bersangkutan.
Download juga Buka Konstruksi Jalan dan Jembatan Kurikulum 2013
2) Biaya
Biaya identik dengan penurunan atau perubahan manfaat ekonomis yang timbul dalam pelaksanaan aktivitas usaha retail selama periode tertentu. Jenis-jenis biaya diantaranya sebagai berikut.
a. Biaya penjualan dan administrasi
Biaya penjualan dan administrasi, misalnya biaya periklanan, komisi penjualan, gaji kantor, sewa, dan sebagainya.
b. Pengeluaran lain
Selain biaya-biaya tersebut, masih terdapat pengeluaran lain yang akan mengurangi laba usaha, yaitu rugi penjualan aktiva tetap dan pajak penghasilan.
3) Laba bersih

c. Modal kerja
Cara-cara dalam meningkatkan modal kerja antara lain melakukan kegiatan usaha yang menguntungkan, mencari pinjaman jangka panjang, menjual saham tambahan, dan menjual aktiva tetap seperti bangunan dan peralatan. Sedangkan untuk menurunkan modal kerja dapat dilakukan dengan pembayaran kembali utang jangka panjang, menyerap rugi oprasi, pembelian kembali saham-saham membeli aktiva tetap (misalnya peralatan) dan pembayaran devidenkepada para pemegang saham.

2. Laporan administrasi keuangan

Informasi harian yang dibutuhkan semata-mata bersifat oprasional. Fakta dan angka untuk memenuhi kebutuhan usaha retail meliputi posisi kas harian, ringkasan-ringkasan penjualan (baik tunai maupun kredit), pembayaran kontan, uang yang diterima dari tagihan utang, saldo kas dalam bank, dan saldo akhir kas.
a. Laporan harian/mingguan
Bentuk formulir ringkasan arus kas harian/mingguan pada usaha retail bisa dilakukan setiap hari atau setiap akhir minggu.
b. Laporan bulanan
Informasi laporan bulanan hendaknya diperoleh bersamaan dengan pertemuan dari badan penasihat serta kelompok yang ikut serta dalam pengambilan keputusan dan pengembang strategi. Laporan usaha yang harus dibuat setiap bulanya sebagai berikut.
1) Laporan laba/rugi yang terperinci.
2) Analisis penjualan dan inventarisasi produk sertaan/kelompok jasa.
3) Analisis dari arus kas, debitur, kreditor, dan ikatan keuangan.
4) Analisis rasio internal yang menunjukan tingkat efisiensi dan menyorot kecenderungan dengan perbandingan antara rencana dan realisasi sebenarnya.
c. Laporan triwulan
Hal-hal yang harus ada dalam laporan bulanan maupun triwulan sebagai berikut.
1) Suatu laporan terperinci tentang posisi keuangan.
2) Analisis kecenderungan secara lebih terperinci dari pada yang biasanya disediakan setiap bulan.
3) Informasi tentang bisnis sekarang untuk memungkinkan pengusaha retail meninjau kembali kegiatan dan memproyeksikan rencana masa depan.

d. Laporan tahunan
Jenis-jenis laporan tahunan diantaranya neraca, laba/rugi, dan keterangan arus kas yang bersama-sama dengan laporan triwulan sebagai dasar bagi perencanaan strategis.

Soal latihan
A. Pilihlah jawaban yang tepat!
1. Berikut yang bukan termasuk komponen yang harus diperhatikan dalam oprasional perusahaan atau toko retail adalah…
A. Mempersiapkan barang
B. Promosi
C. Sumber daya manusia
D. Standard operational procedure
E. Sistem pencatatan administrasi

2. Administrasi sebagai sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan suatu pekerjaan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan, merupakan pernyataan dari…
A. The Liang Gie
B. John M. Pfiffner
C. Luther Gullick
D. Ulbert
E. William H. Newman

3. Berikut yang bukan termasuk langkah-langkah dalam meningkatkan modal kerja adalah…
A. Melakukan kegiatan usaha yang menguntungkan
B. Mencari pinjaman jangka panjang
C. Menjual saham tambahan
D. Menjual aktiva tetap
E. Pembayaran dividen

4. Usaha ratail dikatakan laba jika…
A. Pendapatan lebih besar dibanding beban
B. Kewajiban jangka pendek lebih kecil dibanding kewajiban jangka panjang
C. Pendapatan lebih kecil dibanding beban
D. Pendapatan sma dengan beban
E. Kewajiban jangka panjang lebih kecil dibanding kewajiban jangka pendek

5. Laporan usaha yang harus dibuat setiap bulanya sebagai berikut, keculi….
A. Analisis rasio internal yang menunjukan tingkat efisiensi
B. Laporan laba/rugi yang terperinci
C. Analisis penjualan dan inventarisasi produk sertaan/kelompok jasa
D. Suatu laporan terperinci tentang posisi keuangan
E. Analisis dari arus kas, debitur, kreditor, dan ikatan keuangan

6. Guna menjamin keabsahan pesanan sekaligus meyakinkan supplier, dapat menggunakan …
A. Bukti permintaan dari gudang
B. Penerimaan barang
C. Kartu persediaan
D. Surat pesanan
E. Faktur (invoince)

7. Perhatikan beberapa pernyataan berikut!
(1) Risiko kehilangan barang akan dapat diperkecil karena setiap transaksi (baik barang masuk, hasil pembelian, maupun barang keluar dari hasil penjualan) dapat dibukukan dengan rapi.
(2) Sangat berisiko akan kehilangan barang karena barang dipajang didalam rak.
(3) Perusahaan akan dapat dengan mudah menghubungi pihak-pihak lain melalui berbagai media komunikasi, baik itu rekanan, konsumen, instansi pemerintahan maupun supplier.
(4) Pemilik perusahaan akan dapat dengan mudah mengikuti perkembangan perusahaanya melalui hasil pencatatan.
(5) Memiliki keuntungan sedikit karena banyak karyawan
Dari berbagai pernyataan di atas, yang tidak termasuk manfaat adaministrasi bisnis retail ditunjukan oleh nomor…
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (5)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)

8. Suatu kegiatan atau mencatat perubahan-perubahan posisi keuangan sebuah perusahaan yang dilakukan secara kronologis dengan metode tertentu sehingga hasil pencatatan dapat dikomunikasikan kepada pihak lain tersebut…
A. Administrasi transaksi
B. Administrasi retail
C. Administrasi
D. Transaksi
E. Laporan triwulan
Download juga Buku Biologi Kelas X SMK Kurikulum 2013
9. Bukti mutasi kas dibank yang disusun oleh bank untuk para nasabahnya dan digunakan sebagai dasar penyesuaian pencatatan antara saldo kas menurut perusahaan retail dan saldo kas menurut bank disebut…
A. Rekening Koran
B. Bilyet giro
C. Cek (cheque)
D. Nota kredit
E. Official receipt

10. Guna pembayaran dalam jumlah nominal di atas Rp1.000.000,00 maka kuitansi wajib dibubuhi matrai…
A. Rp1.000,00
B. Rp3.000,00
C. Rp5.000,00
D. Rp7.000,00
E. Rp9.000,00

11. Suatu aktivitas usaha retail yang mengakibatkan perubahan terghadap posisi keuangan seperti membeli dan menjual barang, biaya gaji karyawan, serta membayar biaya-biaya lainya disebut…
A. Administrasi transaksi
B. Administrasi retail
C. Administrasi
D. Transaksi
E. Laporan triwulan

12. Unsur utama dalam setiap kegiatan perusahaan retai seperti dalam kegiatan penjualan, pembelian, promosi, pengawasan, administrasi, penggajian dan sebagainya yaitu…
A. Manusia
B. Materil
C. Metode
D. Market
E. Machine

13. Beberapa manfaat yang diperoleh perusahaan retail, kecuali…
A. Risiko kehilangan barang akan dapat diperkecil karena setiap transaksi (baik barang masuk, hasil pembelian, maupun barang keluar dari penjualan) dapat dibukukan dengan rapi
B. Perusahaan akan dapat dengan mudah menghubungi pihak-pihak lain melalui berbagai media komunikasi baik itu rekanan, konsumen, instansi pemerintah, maupun supplier
C. Pemilik perusahaan akan dapat dengan mudah mengikuti perkembangan perusahaanya melaui laporan hasil pencatatan
D. Memudahkan pelayanan purna jual kepada konsumen karena bukti transaksi konsumen dapat menunjukan bukti-bukti kesepakatan penjualan
E. Menyusun program pengembangan usaha dan kegiatan pengorganisasian perusahaanya

14. Perhatikan beberapa berkas tersebut!
(1) Surat pesanan
(2) Kuitansi
(3) Bukti permintaan dari gudang
(4) Faktur
(5) Kartu persediaan
Berbagai berkas diatas yang termasuk berkas penjualan adalah nomor….
A. (1) dan (4)
B. (2) dan (4)
C. (2) dan (5)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)

15. Berikut bukan termasuk unsur materil yang digunakan untuk melakukan administrasi penjualan, yaitu…
A. Uang
B. Berpedoman pada SOP
C. Perlengkapan administrasi
D. Peralatan kantor
E. Tempat (kantor)
Download silabus Pengelolaan Bisnis Ritel SMK Revisi 2020
B. Selesaikan soal-soal berikut dengan tepat!
1. Tuliskan yang anda ketahui tentang karakteristik administrasi dalam usaha retail!
2. Uraikan hubungan antara usaha retail dengan konsumen akhir!
3. Jabarkan yang anda tentang bilyet giro!
4. Sebutkan tentang standard operational procedure (SOP) untuk menangani pembelian tunai!
5. Gambarkan bentuk formulir ringkasan arus kas harian/mingguan pada usaha retail!
6. Sebutkan unsur-unsur dasar dalam administrasi!
7. Jabarkan tentang hubungan antar persaingan bisnis retail dengan kecermatan strategi bisnis yang andal!
8. Sebutkan standard operational procedure (SOP) untuk menangani administrasi penjualan tunai!
9. Terangkan yang anda ketahui tentang berkas-berkas pembelian!
10. Terangkan yang anda ketahui tentang laporan bulanan!

Proyek
Buatlah kelompok yang beranggotakan 4-5 orang!
Kerjakan proyek berikut bersama kelompok anda!
1. Buatlah kelompok dengan jumlah 4 siswa!
2. Buatlah rencana administrasi bisnis retail!
3. Kemudian, buatlah proposal pengajuan kredit untuk modal usaha, mintalah arahan guru pembimbing!
4. Gunakan internet, perpustakaan, atau sumber lain yang relavan untuk menyelesaikan tugas!
5. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas ini dua minggu setelah tugas diberikan.
6. Buatlah laporan hasil pembuatan proposal dengan ketentuan pengetikan sebagai berikut.
a. Ukuran kertas A4.
b. Margin kiri 4 cm, margin kanan 3 cm.
c. Margin atas 4 cm, margin bawah 3 cm.
d. Ukuran huruf untuk judul arial 14 pt, untuk sub judul 12 pt, sedangkan untuk isi proposal11 pt.
e. Proposal dijilid dengan rapi.

Untuk mendapatkan materi pengelolaan Bisnis Ritel (Sistem Administrasi Bisnis Retail) silahkan download filenya yan sudah kami kemas dalam bentuk pdf pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini

1 Komentar untuk "Sistem Administrasi Bisnis Retail"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel