Materi Housekeeping : Jenis dan Tipe Ruang Serbaguna (Function Room)

https://perpustakaank13.blogspot.com/
Materi Housekeeping : Jenis dan Tipe Ruang Sernaguna (Function Room)
A. Minor Operating Departement
Kegiatan usaha perhotelan yang terus berkembang dan berubah dengan pesatnya hingga sekarang ini maka tugas manajemen hotel sangat cepat mengikuti perubahan pasar karena tidak ingin hotelnya ditinggalkan para pelanggannya. Pengembangan dan pelatihan bagi karyawan harus terus menerus ditingkatkan lebih serius lagi. Hal ini agar tujuan umum manajemen hotel untuk mencapai laba perusahaan dan citra perusahaan yang mapan harus selalu dipertahankan dan ditingkatkan dari waktu ke waktu. Dengan demikian benarlah bahwa dunia pariwisata dalam hal ini perhotelan sangat dipengaruhi oleh para pelanggannya atau lebih kita kenal dengan istilah market driven.

Market driven (dikendalikan oleh pasar) adalah pengertian bahwa pasar atau pelanggan sangan menentukan jalannya dunia usaha perhotelan di negara kita, di mana saja sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan serta keinginan pasar yang terus berubah dari waktu ke waktu. Untuk itulah hanya manajemen hotel yang mengerti benar bahwa usaha ini ditentukan oleh perubahan kebutuhan pasar sajalah yang akan terus berhasil dalam menjalankan usahanya dan tidak mengalami kebangkrutan.

Coba kita lihat dari masing-masing kota di mana kita berdomisili, kalu kita teliti dengan baik akan kita dapati adanya beberapa hotel yang dulunya sangat dikenal dan populer, namun saat ini ada yang mengalami kesulitan keuangan yang sangat serius dan bahkan ada beberapa yang telah ditutup alias bangkrut karena tidak mampu membiayai sendiri jalannya roda usahanya. Alasannya hampir bisa dipastikan karena hotel-hotel tersebut telah ditinggalkan oleh pasar atau para pelanggannya.
Bagi para siswa-siswi yang saat ini sedang menekuni pendidikan perhotelan di bangku SMK, perlu terus diingat bahwa dunia pariwisata dalam hal ini perhotelan berkembang, berubah, dan berjalan sangat cepat. Oleh karena itu, para siswa harus terus belajar dan menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman agar nanti setelah lulus dari SMK siap untuk memasuki dunia kerja dan selanjutnya mampu berkarir dengan sukses di dunia perhotelan ini.
Download juga Materi Housekeeping : BAB V Objek Pembersihan dan Sumber Pengotor
Ada beberapa aspek yang perlu kita ceramati dalam minor operating Departement (MOD) ini, yaitu bahwa:
  • Pendapatan/penghasilan dari MOD ini sangat dipengaruhi oleh jumlah tingkat huniannya (jumlah kamar yang terisi dan jumlah tamunya)
  • Pendapatan/penghasilan dari MOD ini juga sangat dipengaruhi oleh jumlah pelanggan yang datang ke hotel, tetapi tidak menginap di hotel tersebut.
Beberapa puluh tahun yang lalu masyarakat mengartikan bahwa suatu hotel identik dengan penginapan yang memiliki puluhan kamar tidur dan dilengkapi oleh sebuah restoran. Namun, saat ini hotel tidak saja harus mempunyai para karyawan yang mampu melayani para tamunya dengan kualitas prima, tetapi harus pula didukung oleh sarana dan prasarana penunjangan lainnya yang dianggap menjadi kebutuhan para tamu.

Penyediaan fasilitas untuk semua kebutuhan para tamu/pelanggannya di dalam hotel tersebut akan menguntungkan tamu, karena tamu tidak perlu meninggalkan hotel untuk mencari kebutuhan-kebutuhan lainnya selama mereka menginap di hotel. Adapun bagian atau sarana dan prasarana penunjung inilah yang kita kenal dengan Minor Operating Departement (MOD). Di bawah ini akan dijelaskan mengenai masing-masing jenis kegiatan operasional hotel yang termasuk dalam minor operating departement (MOD)

1. Pusat Bisnis (Business Center)
Pusat bisnis menyediakan pelayanan kesekretarisan seperti pengetikan, pembuatan proposal, penerjemahan, pengiriman fax, pembuatan surat dan lain-lain. Fasilitas yang tersedia antara lain mesin fotocopy, mesin penjilid, komputer dan akses internet, meeting room, dan sebagainya.
2. Ruang Rapat (Meeting Room)
Fasilitas meeting room atau ruang rapat ini pada hotel bisnis harus tersedia karena sebagai fasilitas penunjang untuk mayoritas kategori tamunya. Jika tamu ingin menggunakan fasilitas ini untuk beberapa jam, ia akan menghubungi bagian pusat bisnis, namun jika akan dipergunakan untuk
Waktu yang lama dan jumlah pesertanya banyak, maka pemesanan ruangan akan di tangani oleh banquet sales
3. Ruangan Perjamuan (Banquet Room/Hall)
Ruang perjamuan yang berada di hotel pada masa sekarang ini banyak dinikmati oleh tamu. Hal ini dikarenakan ukuran dan kapasitas yang luas, lokasi yang strategis, dan pelayanan yang tersedia lengkap sehingga tamu yang mempunyai acara tidak repot dalam menentukan tempat, peralatan, dekorasi, dan menu sajiannya.
4. Kolam renang (Swimming Pool)
Swimming pool (kolam renang) adalah salah satu fasilitas olahraga yang tersedia di hotel, di beberapa hotel jumlah kolam renang yang ada di hotel tidak hanya satu saja tetapi ada kolam renang yang diperuntukan untuk anak kecil dan dewasa serta dilengkapi dengan permainan air seperti air mancur, water boom, jacuzi dan lain-lain
 Download juga Materi Housekeeping : Bahan Pembersih Area Umum
5. Fitness Center/Pusat Kebugaran
Fitness center/pusat kebugaran menyediakan fasilitas lengkap yang dapat dipergunakan untuk olahraga kebugaran. Fasilitas dan pelayanan yang tersedia merupakan fasilitas yang diberikan secara Cuma-Cuma khusus untuk tamu yang menginap di hotel, namun juga dapat digunakan oleh tamu yang menjadi member anggota iklub fitness.
6. Salon dan Spa
Tujuan diadakannya SPA karena banyaknya permintaan masyarakat dan para tamu hotel yang tidak saja ingin menjaga kebugaraan dan kesehatan tubuhnya dengan berolahraga, tetapi sekarang harus ditambah dengan merawat kecantikan diri dan keremajaan diri dalam arti berusaha tampil awet muda. Untuk itu SPA dibutuhkan sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat modern dan para tamu hotel.
7. Florist dan Parcel Shop
Pada umumnya hotel-hotel berbintang saat ini menyediakan pelayanan florist dan parcel (toko bunga dan kado) floridt adalah toko bunga yang disediakan oleh hotel, karena sesuai dengan perkembangan dan perubahan gaya hidup masyarakat yang dulunya hanya datang memenuhi undangan biasa saja, sekarang sudah berubah dengan membawa bunga yang dalam hal ini bunga bisa dikirim terpisah dan lebih dahulu sebelum tamu datang memenuhi undangan atau bisa juga dibawa langsung oleh tamunya.
8. Arcades
Arcades adalah ruangan-ruangan yang diperuntukkan bagi toko-toko atau kantor-kantor perwakilan dan sejenisnya yang sudah disiapkan oleh suatu hotel dan disewakan kepada pihak ketiga dengan tujuan utama adalah untu melengkapi sarana dan prasarana hotel
9. Drug Store
Drug store di hotel-hotel berbintang biasanya ada yang dikelola sendiri oleh manajemen hotel, tetapi barang
Atau produk-produk yang dijual merupakan consugment (konsinyasi). Barang-barang konsinyasi adalah barang milik pihak ketiga yang dititipkan ke hotel untuk dijual dan pihak hotel akan mengatur perletakan barang-barang tersebut dan menjualnya dengan baik di drug store dengan menentukan harga jual yang telah disepakati dengan pemilik barang sehingga hotel akan mendapatkan keuntungan.
 Download juga Materi Housekeeping : Peralatan Pembersih area umum
10. Dokter On Call (Dokter Siap Datang)
Suatu hotel sangat perlu juga untuk menyediakan doctoron call (dokter siap datang) mengingat setiap tamu memiliki daya tahan tubuh yang berbeda dan tingkat kesehatan yang berbeda. Jika terjadi sesuatu dan khususnya pada malam hari maka petugas hotel harus siap memberikan pertolongan yang paling cepat dan tepat bagi setiap tamu yang menginap di hotel maupun tamu yang tidak menginap, tetapi sedang berada di hotel untuk menghadiri acara tertentu. Baiknya hotel memiliki in house clinic maupun doctor on call (dokter siap datang)
11. Hair dan Beauty Salon
Hair dan beauty salon (salon kecantikan) ini diadakan agar kebutuhan para tamu baik pria maupun wanita untuk pengaturan dan perawatan rambut bisa terlaksana di hotel tempat mereka menginap. Hal ini sangat praktis bagi para tamu yang akan menghadiri acara-acara tertentu misalnya rapat, resepsi pernikahan, undangan lainnya yang memerlukan penampilan dan gaya tersendiri karena harus menyesuaikan dengan pakaian yang disiapkan secara khusus untuk menghadiri acara-acara tersebut.
12. Transportation dan Limousine Service (Pelayanan Transportatsi & Limo)
Fasilitas transportasi yang disediakan oleh hotel merupakan salah satu fasilitas penunjang. Fasilitas ini menyediakan transportasi dari dan ke bandara, ke stasiun ataupun ke terminal bis, namun transportasi juga disediakan ke tempat wisata yang jadwalnya akan disesuaikan. Fasilitas antar jemput dengan menggunakan kendaraan hotel (shuttle bus) tidak dikenakan biaya, namun jika kendaraan yang digunakan selain sthutte bus akan dikenakan biaya.
13. Valet Parking (Pelayanan Jasa Parkir)
Valet parking adalah pelayanan memarikirkan kendaraan tamu, pelayanan ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi tamu pengunjung hotel jika menggunakan kendaraan.
Download juga Materi Housekeeping : Jenis Area/Ruangan Umum di Hotel
B. Pengertian Banquet
Banquet, mula-mula berarti panjang, yakni tempat duduk yang memanjang bersifat permanen sepanjang dinding restoran Dewasa ini banquet cenderung diartikan sebagai upacara/pesta-pesta spesial yang diorganisasikan untuk tujuan profesional, sosial maupun upacara kebesaran
Kata banquet dalam buku kamus lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris dengan Ejakan Yang Disempurnakan (EYDI oleh Prof. Drs. S. Wajowasito dan Drs. Toto Wasito, W. (1980-13) berarti pesta atau perjamuan Sedangkan meeting room berarti ruang pertemuan Banquet hall adalah suatu ruangan dengan interior/dekorasi/hiasan sedemikian rupa yang dipergunakan dalam kegiatan seminar, konferensi yang dimiliki oleh suatu hotel/restaurant untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan menurut Sonny Waspodo dan kawan-kawan dalam bukunya Housekeeping Manual, 1990:93
Banquet sendiri mempunyai arti 'An ostentasius of formal meal for large number of guest, either festival or mark occasion of political or social event and in view of he large amount of food to prepared and served" (The world's Greates Cookery Encyclopedia, hal 64) Bila diterjemahkan secara bebas adalah hidangan yang disajikan untuk acara resmi seperti festival, acara khusus, dan acara sosial dimana terdapat sejumlah hidangan dalam jumlah besar yang disiapkan dan disajikan kepada tamu.

Sedangkan menurut buku Istilah Dunia Pariwisata, banquet adalah: "Resepsi, pesta, atau jamuan yang diselenggarakan di hotel-hotel di tempat atau ruangan yang khusus Penyelenggaraan penyelenggaraan semacam itu, dengan makan dan minum." (Istilah Dunia Pariwisata). Jadi, banquet adalah suatu penyelenggaraan functions yang kegiatannya terpisah dari pada kegiatan-kegiatan restoran sehari-hari, dengan proses dan cara penyajian tersendiri di dalam hotel Banqueting ini merupakan suatu istilah yang digunakan untuk meliput kegiatan pelayanan dari upacara-upacara spesial di dalam sebuah perusahaan pelayanan makan Kegiatan ini terpisah dari pelayanan makan yang terdapat di berba restoran pada umumnya dan di grill room, dimana hidangan panggang-panggangan disajikan juga dalam ruangan istirahat yang lazim di sebut longue. Kegiatan banqueting dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Formal Functions, seperti Meetings, Conferences, Conventions, Seminars, Press Conferences, Trainings, dan lain sebagainya, serta Social Events, seperti Weeding Receptions, Cocktail Receptions, Birthday Parties Product Launchings. Fashion Parades, Exhibitions, dan lain sebagainya.
Download juga Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII SMK
C. Syarat-syarat Banquet Waiter Hotel
1. Syarat fisik
a. Sehat jasmani
1) pendengeran normal
2) Gigi dan kuku terawat baik
3) Tidak mengidap penyakit menular
4) Tidak cacat fisik.

b. Berpenampilan rapi
1) Badan tegap tidak bungkuk, dan tidak loyo
2) Berpakaian rapi dan selalu memakai seragam kerja. Selalu menggunakan atribut yang telah ditetapkan oleh manajemen seperti name tag, simbol perusahaan, dan sebagainya.
3) Menggunakan sepatu berwarna gelap dan selalu tersemir mengkilap.
4) Tidak memakai perhiasan yang berlebih
5) Khusus untuk wanita, make-up disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan
6) Bebas bau mulut dan bau badan
7) Tidak memelihara kumis dan jenagot.
8) Untuk pria rambut tidak gondrong

2. Syarat non-fisiik
a. Sehat rohani, tidak mengalami gangguan atau kekacauan mental dan emosional, tidak stres atau frustasi.
b. Mampu berkomunikasi dengan bahasa yang di mengerti satu sama lain
c. Bersikap ceria dan murah senyum
d. Sabar, jujur, dan disiplin dalam kondisi dan situasi apapun
e. Tanggap, terampil, dan cermat dalam bertindak
f. Mudah bergaul
g. Berpengetahuan luas tentang produk makanan dan minuman yang dijual
h. Menguasai teknik kerja sesuai petunjuk pelaksanaan yang telah ditetapkan oleh manajemem.
i. Memiliki sifat menolong
j. Percaya diri dan tidak sombong
Download juga Materi Sosiologi : Individu, kelompok dan Hubungan sosial
3. Kategori banquet waiter yang berkualitas
a. Berpendidikan, berpengalaman, produktif, dan inovatif.
b. Berstamina tinggi, tangguh sehingga mampu bekerja keras
c. Cerdas, terampil, mandiri, kreatif, disiplin
d. Bertanggung jawab
e. Berbudi luhur

4. Tanggung jawab banquet waiter
a. Personal groominh: memiliki penampilan yang baik
b. Deportment: gesit, lincah dalam melayani tamu
c. Honesty: tlus, jujur kepada tamu, perusahaan, dan rekan kerja
d. Punctuality: tempat waktu dalam mulai bekerja
e. Loyalty: setia
f. Ability to work within a team: bisa bekerja dalam tim
g. Positive attitude: bersikap positif

5. Perlengkapan banquet waiter
a. Multi purpose opener
b. Bolpoin
c. sapu tangan bersih untuk kepentingan pribadi
d. Buku catatan kecil untuk mencatat pesanan tamu
e. korek api jika ada tamu yang membutuhkan
f. Service cloth atau service napkin untuk polishing
Download juga materi Sosiologi: Ilmu Sosiologi dalam mengkaji Gejala sosial
D. Banquet Job Description Chart
1. Banquet Manager

a. Bertanggung jawab atas kelancaran banquet section dalam melayani function
b. Bertanggung jawab dalam mengawasi dan mengarahkan seluruh pramusaji.
c. Mengikuti dan menghadiri food and beverage meeting
d. yang diselenggarakan oleh food and beverage manager

2. banquet Sales
a. Menjual dan memasarkan produk banquet
b. Mencari konsumen sebagai pelanggan hotel dan memperkenalkan produk yang telah ditentukan
3. Banquet Operation Manager
a. Bertanggung jawab kepada banquet manager atas kelancaran operation banquet
b. Memberi briefing. mengawasi dan menuntun atau memberi petunjuk kepada semua crew banquet operation
c. Bertanggung jawab atau incharge pada pelayanan makanan dan minuman

4. Banquet Head Waiter
a. Bertanggung jawab atas jalannya operasional
b. Bertanggung jawab terhadap pelayanan hidangan dan ketetapan hidangan penyajian
c. Membuat jadwal kerja semua staf banquet operation
d. Menangani keluhan tamu, apabila ada komplain pada saat acara berlangsung

5. Banquet Captain Waiter
a. Membantu dan mengawasi jalannya operasional
b. Mewakili head waiter apabila berhalangan hadir
c. Membantu waiter dalam melayani tamu
d. Memelihara hubungan yang baik dengan pramusaji untuk kelancaran operasinya

6. Banquet Waiter
a. Mengikuti briefing harian yang diselenggarakan oleh head walter
b. Melakukan table set-up
c. Melakukan persiapan untuk setiap acara
d. Membersihkan peralatan yang kotor (clear-up)
e. Memelihara peralatan banquet
f. Mengantar linen yang kotor ke laundry dan mengambil linen yang bersih ke housekeeping
g. Melaporkan kepada head waiter setiap ada kejadian

Pada kondisi saat-saat sibuk dalam suatu hari kadang ada tiga atau lebih upacara pesta semacam ini yang berlangsung pada waktu bersamaan, dimana kesemuanya memerlukan penanganan yang baik. Untuk itu perlu disiapkan tenagatenaga terdidik yang memadai Kebanyakan staf dan karyawan bagian ini dikerjakan secara tidak tetap dalam ruangan yang disiapkan untuk satu tujan di bawah kuasa banquet manager atau assistant banquet manager Tenaga-tenaga tidak tetap ini pada umumnya dibayar per jam. Mereka ini juga mendapat makanan pada waktu kerja
Pelayan tidak tetap yang ikut melayani banquet pada umumnya merupakan tenaga-tenaga yang sudah terdidik dan terlatih Mereka sudah harus datang dan melapor minimum 1 jam sebelum acara dimulai. Selain untuk menyelesaikan persiapan yang masih kurang, mereka juga harus mengikuti briefing untuk mendapatkan pengarahan tentang prosedur pelayanan macam acara yang dihadapi, jumlah tamu, perbandingan station (daerah pelayanan), maupun tugas-tugas sampingan yang lainSelesai acara mereka langsung mendapatkan gaji/upah.
Download juga Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI SMK Revisi 2017
E. Hubungan Kerjasama Banquet dengan Departemen Lain
Sebuah event di banquet tidak akan bisa sukses tanpa adanya peran serta dari departemen lain. Seluruh departemen yang lain merupakan sebuah daya dukung kesuksesan. Oleh karena itu, di sini dibutuhkan sebuah tim yang benar-benar terkordinasi dengan baik Saat inilah diperlukan sebuah komunikasi yang baik antar semua pihak sehingga menghasilkan sebuah tampilan event yang sempurna yang akan memberikan kepuasan pada pelanggan Kerjasama tersebut meliputi
1. Engineering
a. Membantu banquet untuk menyiapkan keperluan acara yang terkait dengan listrik dan alat-alat yang dibutuhkan sesuai dengan pengaturan dan permintaan tamu Membantu prepared rool cable, screen, LCD, dan alat-alat yang lain
b. Membantu memperbaiki seluruh alat yang terkait dengan engineering yang berada di wilayah function.
c. Menyiapkan portable sound system

2. Housekeeping
a. Mengecek rest room sebelum dan sesudah event tentang kebersihannya
b. Membantu membersihkan alat-alat yang ada di function room
c. Membersihkan dan menjaga seluruh area/wilayah difunction room
d. Mengatur tempat (membuat layout) sesuai dengan permintaan
e. Membantu merapikan dan menyimpan alat-alat perlengkapan ke gudang
f. Membantu menyiapkan keperluan taman atau hiasan bunga
g. Menyediakan alat-alat yang berhubungan dengan tempat dan dekorasi.

3. Security
a. Membantu keamanan di wilayah function room,
b. Menjaga keamanan barang-barang bawaan tamu yang ada di hotel
c. Menjaga ketenangan suasana hotel

4. Front Office
a. Membantu menerima dan menangani pembayaran evnt pada hari tersebut
b. Mengordinasikan tentang tamu yang juga menginap di hotel dan melakukan event
5. F&B
a. Membantu menyiapkan kelengkapan alat makan
b. Membantu menyiapkan hidangan yang diperlukan untuk event
c. Membantu membersihkan alat-alat makan yang digunakan pada saat event

6. Accounting
a. Membantu untuk mengolah harga penjualan
b. Menghitung serta mencatat keuntungan yang didapat dan pengeluaran
c. Mempertimbangkan harga
d. Membantu mengkordinir pembelanjaan yang dibutuhkan untuk keperluan

7. HRD
a. Membantu proses perhitungan upah/gaji untuk karyawan tetap
b. Membantu proses penghitungan upah/gaji untuk karyawan tetap
c. Menghitung jam lembur untuk proses penggajian
8. Marketing
a. Sumber pembicaraan adanya fuction, pengaturan tempat (mana saja yang akan dipakai dan peralata apa saja yang dibutuhkan), dokumentasi, pengumuman, publikasi, alat-alat tulis dan lain-lain
b. Menawarkan dan membantu memasarkan produk yang ada di function
c. Membantu mengawasi dalam berlangsungnya acara atau event

Untuk mendapatkan Materi Housekeeping : Jenis dan Tipe Ruang Sernaguna (Function Room) silahkan download filenya yang sudah kami kemas dalam bentuk pdf file pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Materi Housekeeping : Jenis dan Tipe Ruang Serbaguna (Function Room)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel