Materi Housekeeping Jenis Area/Ruangan Umum di Hotel

https://perpustakaank13.blogspot.com/
Materi Housekeeping Jenis Area/Ruangan Umum di Hotel
Area umum di hotel meliputi lobi, koridor, lift (elevatori Aumum dan pusat kebugaran. Tempat lain yang termasuk ruangan umum antara lainruang makan (dinning room ruang perjamuan (banquet), ruang pertemuan meeting room dan kantor-kantor administrasi (administration offices)
Agar area umum terlihat artistik, hotel sering mendesain sedemikian rupa seperti meninggikan plafon, balkon yang ditumbuhi tanaman hias, lantai dengan keramik berkualitas perabot-perabot antik, dll. Namun, kesemuanya itu akan kurang berarti bagi tamu apabila tidak ditunjang oleh keadaan area umum yang bersih dan rapi. Karena bagaimanapun juga, kebersihan dan kerapian menjadi kunci utama dalam pemeliharaan area atau ruangan umum di hotel

A. Pintu Masuk Utama (Main Entrance)
Pintu masuk adalah tempat yang menjadi jalur utama sebelum tamu masuk ke lobi hotel. Di area ini terjadi lalu lintas tamu yang hilir mudik dan keluar masuk ke lobi hotel Oleh sebab itu, area pintu masuk utama perlu mendapatkan perhatian khusus, terutama dalam hal kebersihan, keindahan, dan kenyamanan bagi para tamu. Frekuensi pembersihan pintu masuk sangat tergantung pada cuaca. Pada musim penghujan pintu utama harus sering dibersihkan. Demikian halnya dengan daun-daun kering yang jatuh bertebaran di lantai akan sangat mengganggu pemandangan tamu apabila tidak cepat dibersihkan.
Untuk mengurangi tingkat kotoran, hotel biasanya menyediakan alas kaki pada pintu utama. Bagi hotel-hotel resort yang bentuk gedungnya cottage/bungalow cenderung menempatkan alas kaki yang terbuat dari kawat atau karet yang menghisap air dan kotoran yang menempel pada sepatu. Sedangkan pada hotel-hotel yang berbentuk gedung-gedung! bertingkat (stories/tower) lebih cocok menggunakan alas kaki yang mudah dibersihkan setiap saat.
Alas kaki selain berfungsi sebagai pengurang tingkat kekotoran juga menjaga tamu supaya tidak mudah terpeleset atau terjatuh, khususnya pada musim penghujan. Pada musim tersebut alas kaki (mat/runner) harus sering diganti atau dipel. Tugas lain yang perlu diselesaikan di area pintu utama juga meliputi pembersihan bekas tapak tangan dan goresan pada permukaan kaca.

B. Lobi (Lobby)
Area yang tidak kalah pentingnya dengan pintu utama, yaitu lobi. Lobi adalah tempat untuk pusat aktivitas para tamu. Di tempat ini tamu check in meminta informasi, membayar rekening tamu, dan juga bersosialisasi dengan tamu lain. Terkadang para tamu menerima kawan ataupun kerabat dilobi. Boleh dikatakan bahwa lobi merupakan tempat yang dinamis. Setiap tamu yang akan menginap di hotel pasti melewati lobi. Pada saat hunian kamar hotel tinggi (high occupancy/season), area lobi umumnya cepat kotor dikarenakan ramainya tamu dengan berbagai macam tujuan. Dengan demikian peran tata graha dalam hal kebersihan sangat berarti.
Jadwal pembersihan bagi petugas area umum (public area attendat) untuk membersihkan area lobi biasanya dilaksanakan pada malam hari dan pagi-pagi sekali. Jadwal ini berlaku untuk tugas utama, yakni dimulai sekitar 11.00 malam sampai pukul 07.00 pagi. Pada saat seperti ini kegiatan tamu agak berkurang sehingga kemungkinan ketidaknyamanan bagi tamu dapat diperkecil. Namun demikian, ada beberapa kegiatan pembersihan yang harus dilaksanakan pada siang hari untuk menjaga supaya keadaan lobi tetap estesis. Tugastugas tersebut meliputi mengosongkan asbak, membersihkan debu pada permukaan lantai menggunakan lobby duster! merapikan perabot, dll.
Sebenarnya tugas pembersihan di lobi bisa saja dilaksanakan setiap satu jam sekali, setiap 24 jam sekali atau satu minggu
sekali. Memang tidak ada aturan yang pasti tentang frekuens pembersihan lobi. Namun pada umumnya hotel menerapkan jadwal kegiatan pembersihan per jam atau harian
Kegiatan yang dilaksanakan setiap jam dan setiap hari antara lain
1. Mengelap dan membersihkan debu pada telepon
2. Mengkilapkan kran air minum
3. Mengosongkan dan membersihkan asbak!
4. Membersihkan kaca dan jendela.
5. Mengkilapkan susuran tangga.
6. Membersihkan bekas tapak tangan dan noda-noda pada dinding
7. Mengkilapkan pegangan pintu.
8. Membersihkan debu yang melekat para perabot
9. Vacuuming carpet (mengisap debu pada karpet menggunakan mesin vacuum cleaner).
10 Membersihkan/menata perabot.
11 Menyapu lantai.
Download juga: Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII SMK
Adapun pekerjaan yang khusus dilaksanakan secara mingguan (weekly), antara lain:
1. Membersihkan tirai dan jendela.
2. Membersihkan window sill.
3. Menyemir perabot.
4 Mem-vacuum pelapis perabot (upholstery).
Membersihkan debu pada ventilasi.
Membersihkan karpet
7 Membersihkan debu pada objek yang sulit dijangkau.

C. Area Kerja Resepsionis (Front Desk/Reception Area)
Sesungguhnya secara teknis front desk termasuk bagian dari lobi. Front desk yang dimaksud di sini adalah area keria penerima tamu, kasir kantor depan dan informas dengan kontemnya. Kegiatan pembersihan front desk harus dilaksanakan pada waktu kesibukan belum terlalu banyak sehingga pembersihan tersebut tidak mengganggu aktivitas petugas kantor depan dan juga tamu
Front desk counter bentuknya bermacam-macam tergantung pada jenis hotel, selera, dan fungsinya. Desain yan menampilkan kesan kesederhanaan adalah yang umumnya dipakai oleh kebanyakan hotel Bentuk front desk yang sederhana akan memudahkan petugas tata graha dalam proses dan teknis pembersihan!
Kadang-kadang front desk memerlukan teknik pembersihan khusus, terutama pada front desk yang terbuat dari kayu tertentu. Tugas-tugas pembersihan di area kerja resepsionis antara lain:
1. Vacuuming,
2. Mengosongkan dan membersihkan keranjang sampah!
3. Mengosongkan dan membersihkan asbak,
4. Mengelap dan mengkilapkan permukaan counter serta menghilangkan bekas tapak tangan,
5. Membersihkan telepon, komputer, dan alat-alat kerja lainnya
Apabila terdapat goresan, torehan atau kerusakan pada permukaan counter maka petugas (houseman) harus segera melaporkannya kepada pengawas (public area/houseman supervisor). Satu hal yang perlu diingat bahwa petugas area umum sebaiknya tidak memindahkan kertas-kertas, dokumen atau barang-barang yang digunakan oleh petugas front desk untuk bekerja kecuali atas persetujuan petugas yang bersangkutan
 
D. Koridor
Sebelum tamu hotel masuk ke kamar ia akan melewati suatu area yang disebut koridor. Orang sering menyebut koridor dengan istilah "guest space Komponen utama dari koridor adalah lantai Lantai koridor ada yang terbuat dari keramik.
Download juga: Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI SMK
Kebanyakan hotel bertaraf internasional menggunakan lantai karpet/permadani Selain dapat meredam suara derap kaki, lantai permadani juga dapat menimbulkan kenyamanan dan menambah bagus penampilan hotel
Lantai karpet yang dipasang sepanjang koridor biasanya menggunakan bahan karpet yang tahan lama dan menarik sehingga memudahkan perawatan dan pemeliharaan. Lantai karpet harus di-vacuum paling sedikit satu kali sehari atau tergantung pada lalu lintas tamu dan tingkat hunian kamar. Pencucian karpet koridor dilaksanakan pada saat tingkat hunian kamar rendah (low occupancy). Atau bisa juga bekerjasama dengan front office untuk tidak menjual kamar di koridor tersebut. Khusus untuk kamar-kamar yang berbentuk cottage atau villa, koridor yang tersedia biasanya bersifat terbuka dengan taman di samping kanan dan kirinya
Petugas public area dapat memulai pekerjaan dengan membersihkan dinding samping koridor denga menurun sampai ke bagian paling bawah. Petugas juga perlu membersihkan garis hiasan pada pintu kamar tamu, dengan memperhatikan bekas tapak tangan untuk secepatnya dibersihkan Objek lain yang perlu dibersihkan termasuk lampu-lampu, ventilasi, tabung pemadam kebakaran, dan standing ashtomy. Bola lampu yang mati harus segera diganti Apabila ada peralatan darurat (emergency) yang tidak normal atau perlengkapan lain yang rusak, petugas hendaknya melaporkannya kepada public area supervisor
 
E. Elevator/Lift
Elevator atau lift adalah alat tranpotasi yang menghubungkan satu lantai ke lantai lainnya secara vertikal, dalam sebuah gedung Hotel biasanya memasang lift bila memiliki lebih dari tiga lantai. Karena tingginya tingkat pemakaian, lift harus sering dibersihkan Waktu yang paling tepat untuk membersihkan lift adalah pada malam hari dan pagi-pagi sekali seperti pembersihan pada lobi dan front desk.
Desain interior lift umumnya terdiri dari karpet, vinyl, marmer, wallpaper, kaca, cermin, dan lain-lain. Di dalam lift ini, hotel sering memasang media promosi seperti foto-foto restoran, bar, kamar, dll.
Objek yang paling kotor di dalam lift terdapat di bagian samping dekat lantai Di bagian ini sering pula terjadi lecetan dan goresan Hand railing hendaknya disemir supaya bekasbekas jari tangan hilang. Pintu bagian dalam dan luar lift juga perlu dilap. Untuk membersihkan lantai karpet di dalam lift dapat digunakan vacuum cleaner yang berukuran tidak terlalu besar. Nampaknya agak sulit menjaga kebersihan karpet di dalam lift sebab selain tempatnya sempit, juga tingkat pemakaian cukup tinggi. Pembersihan karpet di dalam lift harus dilaksanakan secepat mungkin agar tidak mengganggu tamu yang ingin menggunakan lift. Beberapa hotel memasang karpet yang dapat dengan mudah dipindahkan sehingga bila akan disampo, petugas bisa memindahkan ke tempat lain tanpa harus melakukan penyampoan di dalam lift.
Download juga: Materi sosiologi Kelas X SMA
F. Toilet Umum (Public Restroom)
Public restroom atau public toilet adalah tempat untuk bua air kecil atau air besar untuk tamu-tamu hotel. Sesuai denga namanya, public restroom terdapat di tempat atau area umun dekat lobi, restoran, kolam renang, dll. Public restroom konon merupakan cermin kebersihan hotel. Oleh karena itu, tempat ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas seperti cermin, potpot yang berisi tanaman hias, guci-guci antik, dan juga hand blow dryer (mesin pengering tangan).
Tujuan akhir dari pembersihan public restroom adalah untuk mendapatkan public restroom yang bersih higienis dengan suasana yang segar, nyaman, dan menarik public restroom harus dibersihkan paling sedikit dua kali dalam satu hari, Satu kali pada pagi hari dan satu kali pada waktu petang. Pada prakteknya public restroom memerlukan frekuensi pembersihan yang lebih sering. Hotel dapat menerapkan setiap satu jam sekali atau setiap dua jam sekali. Ini adalah suatu upaya untuk menjaga lingkungan yang menyenangkan dan sanitasi di restroom.

G. Kolam Renang
olahraga yang sudah tidak asinglagi bagi kita untuk memenuhi kebutuhan olahraga ini hotel menyediakan fasilitas kolam renang sebagai sarana olahraga dan rekreasi bagi para tamu.
Lokasi atau letak kolam renang di hotel pun bermacammacam. Ada hotel yang membuat kolam renang di dalam gedung. Ada juga yang membangun kolam renang di luar bangunan hotel masih dalam area hotell Bahkan di daerah tujuan wisata utama seperti di pulau Bali, ada hotel yang membuat kolam renang berdampingan dengan pantai.
Pemeliharaan utama terhadap kolam renang menjadi tanggungjawab departemen Engineering Sedangkan departemen tata graha hanya mengerjakan tugas-tugas khusus seperti:
1. Mengosongkan dan membersihkan asbak
2. Mengumpulkan handuk dan linen kotor di sekitar kolam renang
3. Melengkapi kembali handuk bersih

4. Membersihkan kaca dan jendela yang ada di dekat kolam renang
5. Menjaga area yang berkarpet
6. Membersihkan kursi dan meja santai
7. Menyapu dan mengepel permukaan lantai 8. Membersihkan daun-daun yang jatuh ke dalam kolam renang
8. Mengosongkan dan membersihkan keranjang sampah
Download juga: Buku Matematika Peminatan Kelas X SMA
H. Pusat Kebugaran (Exercise Room/Fitness Center)
Produk dan pelayanan dalam bidang kesehatan di hotel timbul karena adanya minat para tamu terhadap kesehatan dan kebugaran fisik Dengan adanya tren di bidang ini, hotel telah menyediakan berbagai macam sarana dan prasarana kebugaran yang disebut dengan exercise room/fitness center, jadi exercise room adalah suatu ruangan di hotel yang disediakan tamu untuk melaksanakan aktivitas kebugaran fisik/tubuh dengan menggunakan beragam fasilitas seperti
Universal Gym stationary bicycles, rowing machine, berbells, dumbbells, dll Pemeliharaan tekrus terhadap peralatan ke bugaran yang ada di exercise room adalah tanggung jawab departemen engineering Namun departemen tata graha juga berperan penting dalam hal pemeliharaan kebersihan di area fitness
Tugas yang dikerjakan oleh petugas public area setiap harinya meliputi
1. Membersihkan debu pada lampu
2. Membersihkan debu yang melekat pada peralatan fitness
3. Membersihkan dan mengumpulkan linen-linen kotoran
4. Melengkapi kembali linen bersih
5. Membersihkan cermin dan kaca
6. Menyapu dan mengepel lantai.
7. Membersihkan dan mengkilapkan perabot!
8. Menghilangkan noda-noda pada dinding!
Untuk menjaga keselamatan tamu, petugas harus melapor kan kondisi peralatan yang rusak. Selain itu petugas juga melaksanakan pembersihan shower, area locker dan melengkapi guest supplies jika diperlukan

I. Restoran
Restoran adalah tempat usaha komersial yang menyediakan hidangan makanan dan minuman baik untuk tamu-tamu hotel maupun tamu-tamu yang tidak menginap di hotel Restoran dalam suatu hotel berada di bawah pengelolaan departemen makanan dan minuman (food & beverage)
Kebersihan restoran merupakan tolak ukur higiene dan sanitasi hotel kenyamanan tamu dalam menikmati hidangan di restoran banyak dipengaruhi oleh kebersihan area restoran-restoran itu sendiri Dengan demikian petugas restoran bertangungjawab untuk menjaga kebersihan pada saat jamjam pelayanan, seperti membersihkan meja dan mengganti linen
Jika demikian, apa tugas departemen tata graha? Petugas public area umumnya membersihkan area restoran pada malam hari. Teknik pembersihan yang sering diterapkan yaitu mem-vacuum. Pelaksanaannya dilakukan pada malam hari supaya tidak mengganggu tamu
Tugas-tugas harian yang menjadi tanggungjawab public area attendant termasuk
1. Mem-vacuum karpet,
2. Membersihkan telepon,
3. Menghilangkan noda-noda pada dinding
4. Mengelap hostess station
5. Mengelap bingkai jendela,
6. Membersihkan perabot,
7. Membersihkan upholstery
Download juga: Buku Informatika (TIK) Kelas VII SMP
J. Ruang Perjamuan dan Pertemuan (Banquet & Meeting Room)
Mungkin banquet dan meeting room a. yang paling kotor di hotel apabila area initi dibersihkan setelah digunakan. Acara Penja pertemuan biasanya meninggalkan kotoran sehingga kondisi ruang menjadi acak-acakan seperti sisa-sisa makanan yang terjatuh ke lantai, tata letak meja dan kursi tidak teratur, dsb. Keadaan ini wajar terjadi sebab kegiatan dalam ruang melibatkan orang banyak.
Tugas pembersihan utama area ini merupakan tanggungjawab staf banquet dan meeting room, sedangkan petugas area umum bertanggungjawab atas pembenahan dan pembersihan antara lain: perabot seperti kursi dan meja, dinding, dan juga lantai. Pekerjaan ini dilaksanakan setelah semua peralatan pertemuan dan food & beverage dipindahkan. Singkatnya departemen tata graha membantu melaksanakan tugas penyelesaian secara keseluruhan

K. Kantor Administrasi
Di dalam kantor administrasi berlangsung kegiatan yang berhubungan dengan administras akuntansi melaksanakan kegiatannya dalam hal hotel kantor pemasaran sebagai tempat untuk mer tugas yang berkenaan dengan penjualan fasilitas personalia menangani urusan kesejahteraan karyawan dan seterusnya. Besarnya kantor administrasi di jumlah karyawan yan dipekerjakan dalam departemen tersebut
Kantor administrasi harus selalu nampak bersih dan rapi sebab di tempat-tempat tersebut sering terjadi interaksi antara pihak manajemen dengan para relasi, vendor, asosiasi bisnis dll. Dalam hal ini menjadi tanggungjawab petugas area umum untuk menjaga kebersihan dan penampilan kantor secara keseluruhan
Tugas-tugas yang dilaksanakan petugas area umum di kantor administrasi antara lain:
1. Membersihkan debu,
2. Mengosongkan dan membersihkan keranjang sampah,
3. Membersihkan noda-noda pada dinding,
4. Menyapu,
5. Mem-vacuum lantai pada malam hari, pagi-pagi sebelum jam kerja, atau sore hari setelah selesai jam kerja.
Tugas lain termasuk mencuci jendela. Tugas ini biasanya dilaksanakan mingguan atau bulanan Pembersihan secara menyeluruh atau umum (deep cleaning) dilakukan biasanya dalam mingguan/bulanan.
Download juga: Buku Konstruksi Jalan dan Jembatan Kurikulum 2013
L. Area Karyawan
Employees areas adalah tempat-tempat yang ai oleh karyawan untuk melakukan kegiatan karyawan dan cenderung tidak berhubungan dengan pelayanan kepada tamu, misalnya service corridor, service elevator, ruang makan Karyawan, employees washroom dan juga locker meskipun letaknya di bagian belakang dan tidak langsung terlihat oleh tamu, namun kebersihan area tersebut harus tetap terjaga sebagaimana tempat-tempat lain. sebab jika para karyawan mendapatkan fasilitas kenyamanan dan kebersihan dengan lingkungan yang menyenangkan, tentulah karyawan akan terdorong motivasinya untuk meningkatkan gairah dan kualitas kerja. Kenyamanan ketika istirahat, makan, beribadah, ke kamar mandi, bergantian di ruang ganti pakaian dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat menumbuhkan loyalitas kepada perusahaan.

Untuk mendapatkan Materi Housekeeping Jenis Area/Ruangan Umum di Hotel dalam bentuk file pdf silahkan download filenya di bawah ini
Download Materi Housekeeping Jenis Area/Ruangan Umum di Hotel

Belum ada Komentar untuk "Materi Housekeeping Jenis Area/Ruangan Umum di Hotel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel