Buku Informatika (TIK) Kelas VII SMP Kurikulum 2013

https://perpustakaank13.blogspot.com/
Buku Informatika (TIK) Kelas VII SMP Kurikulum 2013
Perpustakaan K13 - Pembuatan Buku Informatika Kelas VII ini diprakarsai oleh Ikatan Guru TIK PGRI. Gayung bersambut, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Bapak Rudiantara, S.Stat., MBA. berkenan memberikan bantuan materi dan moril untuk mewujudkannya. Smart Learning center di gedung guru Indonesia menjadi tempat untuk penyusunannya.

Tim penyusun Buku Informatika dari Ikatan Guru TIK PGRI siap berkolaborasi dengan gerakan nasional literasi digital Siberkreasi Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Kawan kawan dari siberkreasi sangat membantu kami dari ikatan guru tik pgri dalam mengembangkan materi informatika agar mudah dipahami siswa.

Selama 3 hari dari tanggal 15 sampai dengan 17 Februari 2019 kami berada di rumah guru. Kami menginap selama 2 malam untuk bisa menyusun Buku Pengayaan Informatika. Kelas VII ini kami buatkan secara bertahap materinya, dan akan terus disempurnakan isinya. Harapan kami, buku pengayaan yang berisi modul bahan ajar informatika dapat digunakan untuk tahun ajaran baru tahun 2019/2020 di sekolah.
Baca juga Model Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Dan Mathematics)
Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.

Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekadar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.
Download juga Silabus Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru
Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

Tak terasa waktu terus berjalan dengan cepat. Kolaborasi antar guru TIK terjadi. TIK telah berubah nama menjadi informatika. Semoga dapat dengan mudah dipelajari dan dikuasai siswa Indonesia.

Informasi dari Bapak Feisal, Pejabat Pusat Kurikulum dan Perbukuan ( Puskurbuk ) Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, mereka baru membuat Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti. Kawan kawan guru TIK ditantang kreatif dalam membuat buku informatika yang menarik untuk semua jenjang.
Download juga Buku Administrasi Sistem Jaringan Kelas XI SMK Kurikulum 2013
Inisiasi dari Ikatan Guru TIK PGRI yang bekerjasama dengan Siberkreasi untuk menyusun buku informatika bagi siswa merupakan langkah yang strategis untuk menjawab perkembangan tik yang sangat cepat dan dinamis. Kementrian komunikasi dan informatika selaku intansi teknis dan pembina sektor komunikasi dan informatika sangat mendukung kegiatan ini.

Penyusunan buku informatika ini diharapkan dapat memberikan sumbang saran dan produk untuk membantu pusat kurikulum dan perbukuan kementrian pendidikan dan kebudayaan.
Sumber daya manusia (SDM) indonesia di masa depan harus disiapkan dengan baik. Tersedianya buku buku baru dan mengikuti perkembangan zaman diharapkan dapat membantu anak anak kita hidup pada zamannya.

Pengelolaan dan peningkatan kompetensi sdm memang harus dilakukan sejak dini dalam rangka meningkatkan daya saing dan posisi tawar 'human resources' indonesia di mata dunia internasional.
Download juga Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 11 SMK Revisi 2017
Penyusunan kurikulum diharapkan dapat membentuk siswa yang berkarakter, bertanggung jawab dan pantang menyerah. Begitupula dengan kurikulum mata pelajaran informatika yang diharapkan dapat menjadi pedoman pendidikan khususnya di bidang tik.

Kurikulum sebagai seperangkat rencana pendidikan perlu dikembangkan secara dinamis sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi.
Penerapan kurikulum ini nantinya akan menjadi tantangan sekaligus peluang bagi seluruh guru dalam mewujudkan cita cita pendidikan.

Untuk mendapatkan Buku Informatika Kelas VII SMP silahkan unduh filenya pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini.

👉 Download Buku Informatika (TIK) Kelas VII Kurikulum 2013

1 Komentar untuk "Buku Informatika (TIK) Kelas VII SMP Kurikulum 2013"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel