Buku Pemograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler

https://perpustakaank13.blogspot.com/
Buku Pemograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler
Perpustakaan K13 -Buku Pemograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Elektronika Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video (TAV)

Modul Diklat Pemograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler ini bertujuan untuk memfasilitasi peserta didik dengan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang dipersyaratkan pada kegiatan pembelajaran. Sikap, pengetahuan dan keterampilan tersebut merupakan kompetensi-kompetensi profesional yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Sehingga setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1. menganalisis arsitektur system mikroprosesor sesuai prosedur dengan benar,
2. mengevaluasi sistim pengalamatan memori dan I/O sesuai prosedur dengan benar,
3. mengevaluasi proses pembuatan program dengan flowchart sesuai prosedur dengan benar,
4. mengkreasi program aplikasi berbasis mikroprosesor sesuai prosedur dengan benar,
5. menganalisis Bahasa pemrograman sesuai prosedur dengan benar.
6. mengevaluasi dasar-dasar pemrograman sesuai prosedur dengan benar,
7. mengevaluasi cara akses interface sesuai prosedur dengan benar,
8. mengkreasi program aplikasi pada sistim kontrol elektronika sesuai prosedur dengan benar.

Kemampuan ini merupakan bagian dari pengembangan keprofesian berkelanjutan agar para guru dapat mengembangkan keilmuan yang diampunya secara kreatif di lingkup pendidikan kejuruan yang akan menyumbang pengembangan profesi di bidang Teknik Elektronika Audio Video.

Pada Buku Pemograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler ini akan membahas materi tentang teknik kerja bengkel untuk paket keahlian Teknik Elektronika Audio Video dikemas dalam 8 kegiatan pembelajaran, meliputi:
  1. kegiatan pembelajaran 1 bertujuan untuk memfasilitasi peserta mampu menguasai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dipersyaratkan pada kegiatan pembelajaran tentang arsitektur sistem mikroprosesor,
  2. kegiatan pembelajaran 2 bertujuan untuk memfasilitasi peserta mampu menguasai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dipersyaratkan pada kegiatan pembelajaran tentang sistim pengalamatan memori dan I/O,
  3. kegiatan pembelajaran 3 bertujuan untuk memfasilitasi peserta mampu
  4. menguasai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dipersyaratkan pada kegiatan pembelajaran tentang proses pembuatan program dengan flowchart,
  5. kegiatan pembelajaran 4 bertujuan untuk memfasilitasi peserta mampu menguasai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dipersyaratkan pada kegiatan pembelajaran tentang program aplikasi berbasis mikroprosesor,
  6. kegiatan pembelajaran 5 bertujuan untuk memfasilitasi peserta mampu menguasai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dipersyaratkan pada kegiatan pembelajaran tentang Bahasa pemrograman,
  7. kegiatan pembelajaran 6 bertujuan untuk memfasilitasi peserta mampu menguasai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dipersyaratkan pada kegiatan pembelajaran tentang dasar-dasar pemrograman,
  8. kegiatan pembelajaran 7 bertujuan untuk memfasilitasi peserta mampu menguasai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dipersyaratkan pada kegiatan pembelajaran tentang cara akses interface,
  9. kegiatan pembelajaran 8 bertujuan untuk memfasilitasi peserta mampu menguasai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dipersyaratkan pada kegiatan pembelajaran tentang program aplikasi pada sistim kontrol elektronika.
Untuk memperoleh hasil belajar secara maksimal, dalam menggunakan Buku Pemograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler ini maka langkah-langkah yang perlu dilaksanakan antara lain:
1. bacalah dan pahami dengan seksama uraian-uraian materi yang ada pada masing-masing kegiatan belajar yang berupa paparan fakta/data, konsep, prinsip, dalil, teori, prosedur, keterampilan, hukum dan nilai-nilai. Bila ada materi yang kurang jelas, peserta diklat dapat bertanya pada instruktur pengampu kegiatan belajar,
2. kerjakan setiap tugas formatif (soal latihan) untuk mengetahui seberapa besar pemahaman yang telah dimiliki terhadap materi-materi yang dibahas dalam setiap kegiatan belajar, sekaligus dapat memfasilitasi peserta dalam menganalisis untuk berpikir dan bersikap kritis serta memantapkan sikap, pengetahuan, serta keterampilan yang terkait dengan uraian materi,
3. baca ringkasan yang merupakan sari pati dari uraian materi kegiatan pembelajaran untuk memperkuat pencapaian tujuan kegiatan pembelajaran.
4. tulis umpan balik, rencana pengembangan dan implementasi dari kegiatan belajar pada halaman yang tersedia sebagai rencana tindak lanjut kegiatan pembelajaran.
5. cocokkan hasil latihan/kasus/tugas pada kunci jawaban untuk mengukur tingkat pemahaman dan keberhasilan anda.
6. untuk kegiatan belajar yang terdiri dari teori dan praktik, perhatikanlah hal-hal berikut:
  • perhatikan petunjuk-petunjuk keselamatan kerja yang berlaku,
  • pahami setiap langkah kerja (prosedur praktikum) dengan baik,
  • sebelum melaksanakan praktikum, identifikasi (tentukan) peralatan dan bahan yang diperlukan dengan cermat,
  • gunakan alat sesuai prosedur pemakaian yang benar,
  • untuk melakukan kegiatan praktikum yang belum jelas, harus meminta ijin instruktur terlebih dahulu,
  • setelah selesai, kembalikan alat dan bahan ke tempat semula
7. jika belum menguasai level materi yang diharapkan, ulangi lagi pada kegiatan belajar sebelumnya atau bertanyalah kepada instruktur yang mengampu kegiatan pembelajaran yang bersangkutan,
8. bila anda kesulitan terhadap istilah/kata-kata/frase yang berhubungan dengan materi pembelajaran, anda dapat melihat pada daftar glosarium yang tersedia pada ini. 
Untuk mendapatkan Buku Pemograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler silahkan unduh filenya pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Buku Pemograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel