Buku Guru Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka Revisi 2022 Terbaru

Buku Guru Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka Revisi 2022 Terbaru

Pusat Perbukuan; Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memiliki tugas dan fungsi mengembangkan buku pendidikan pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, termasuk Pendidikan Khusus. Buku yang dikembangkan saat ini mengacu pada Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi satuan/program pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum dengan prinsip diversiikasi sesuai dengan kondisi satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.

Pemerintah dalam hal ini Pusat Perbukuan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan dengan mengembangkan buku siswa dan buku panduan guru sebagai buku teks utama. Buku ini dapat menjadi salah satu referensi atau inspirasi sumber belajar yang dapat dimodiikasi, dijadikan contoh, atau rujukan dalam merancang dan mengembangkan pembelajaran sesuai karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik.

Adapun acuan penyusunan buku teks utama adalah Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 262/M/2022 Tentang Perubahan atas Keputusan Mendikbudristek No. 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran, serta Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 033/H/KR/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Sebagai dokumen hidup, Buku Matematika Kelas V SD Kurikulum Merdeka Revisi 2022 ini tentu dapat diperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan keilmuan dan teknologi. Oleh karena itu, saran dan masukan dari para guru, peserta didik, orang tua, dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk pengembangan buku ini di masa yang akan datang. Pada kesempatan ini, Pusat Perbukuan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyusunan buku ini, mulai dari penulis, penelaah, editor, ilustrator, desainer, dan kontributor terkait lainnya. Semoga buku ini dapat bermanfaat khususnya bagi peserta didik dan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Buku Matematika Kelas V SD Kurikulum Merdeka Revisi 2022 ini disajikan dalam sembilan bab, yakni (1) Bilangan Cacah Sampai 100.000, (2) KPK dan FPB, (3) Bilangan Pecahan, (4) Keliling Bangun Datar, (5) Luas Daerah Bangun Datar, (6) Sudut, (7) Membandingkan Ciri-Ciri Bangun Datar, (8) Data, dan (9) Bilangan Cacah Sampai 1.000.000 yang disajikan dengan cara yang mudah dipahami.

Setiap bab diawali dengan tujuan pembelajaran, peta konsep, gambaran umum, dan skema pembelajaran. Adapun bagian panduan pembelajaran meliputi pengalaman belajar, kebutuhan sarana prasarana dan media pembelajaran, apersepsi, pemanasan, metode dan aktivitas pembelajaran, miskonsepsi, diferensiasi, dan releksi. Setiap bab menyajikan materi yang dilengkapi dengan berbagai kegiatan pembelajaran, antara lain mengeksplorasi berbagai ragam masalah, mengamati, bermain, berlatih soal, serta menemukan konsep melalui berbagai percobaan. Selain itu, banyak aktivitas pembelajaran di dalam buku ini yang dirancang berdasarkan permasalahan kehidupan sehari-hari peserta didik serta mengangkat konteks etnomatematika yang menanamkan nilai-nilai budaya bangsa sehingga diharapkan peserta didik dapat lebih mencintai dan melestarikan beragam budaya di Indonesia.

Buku Guru Matematika Kelas V SD Kurikulum Merdeka Revisi 2022 ini disusun melalui serangkaian proses perancangan, penulisan, penelaahan, dan produksi yang baik. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Yudi Satria dan Bapak Supriadi selaku penelaah buku yang telah memberikan banyak masukan perbaikan. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada penerbit, desainer, ilustrator, editor, guru, dan semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini. Demikian pula, kami mengharapkan Bapak dan Ibu guru, sebagai pembaca dan pengguna buku ini, untuk menyampaikan kritik dan saran agar buku ini makin sesuai dengan yang kita harapkan.

Akhirnya, kami berharap semoga Buku Matematika Kelas V SD Kurikulum Merdeka Revisi 2022 ini bermanfaat bagi peserta didik, rekan guru, dan semua pihak yang menggunakannya, sehingga tercipta kualitas pembelajaran matematika di Indonesia yang lebih baik.

Untuk mendapatkan file Buku Matematika Kelas V SD Kurikulum Merdeka Revisi 2022dalam bentuk pdf silahkan download filenya di bawah ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan dan memiliki Modul Ajar Lengkap Mata pelajaran Matematika Kelas V SD Kurikulum Merdeka Revisi 2022 silahkan pesan DISINI atau bisa langsung menghubungi nomor WA: 081350504500

Belum ada Komentar untuk "Buku Guru Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka Revisi 2022 Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel