Buku Kimia Kelas XI Fase F Kurikulum Merdeka (Buku Guru dan Buku Siswa)

Buku Siswa Kimia Kelas XI Fase F Kurikulum Merdeka

Pusat Perbukuan; Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memiliki tugas dan fungsi mengembangkan buku pendidikan pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, termasuk Pendidikan Khusus. Buku yang dikembangkan saat ini mengacu pada Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi satuan/program pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum dengan prinsip diversiikasi sesuai dengan kondisi satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.

Pemerintah dalam hal ini Pusat Perbukuan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan dengan mengembangkan buku siswa dan buku panduan guru sebagai buku teks utama. Buku kimia kelas xi kurikulum merdeka ini dapat menjadi salah satu referensi atau inspirasi sumber belajar yang dapat dimodiikasi, dijadikan contoh, atau rujukan dalam merancang dan mengembangkan pembelajaran sesuai karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik.

Adapun acuan penyusunan buku teks utama adalah Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 262/M/2022 Tentang Perubahan atas Keputusan Mendikbudristek No. 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran, serta Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 033/H/KR/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Sebagai dokumen hidup, buku kimia kelas xi kurikulum merdeka ini tentu dapat diperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan keilmuan dan teknologi. Oleh karena itu, saran dan masukan dari para guru, peserta didik, orang tua, dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk pengembangan buku kimia ini di masa yang akan datang. Pada kesempatan ini, Pusat Perbukuan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyusunan buku ini, mulai dari penulis, penelaah, editor, ilustrator, desainer, dan kontributor terkait lainnya.

Materi tiap bab ditulis menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi. Setiap bab mengulas keterkaitan ilmu kimia dengan kehidupan sehari-hari sehingga mendekatkan pembelajaran kimia dengan keseharian peserta didik. Buku kimia kelas xi kurikulum merdeka ini juga dikembangkan sesuai dengan Capaian Pembelajaran Fase F yang dilengkapi dengan panduan-panduan percobaan yang bisa dilakukan di sekolah. Dengan mempelajari buku ini diharapkan peserta didik dapat mengembangkan wawasan keilmuan dalam bidang kimia sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan peserta didik.

Penulis berharap buku kimia kelas xi kurikulum merdeka ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan kimia. Penulis juga menyadari sepenuhnya kalau buku ini belum sempurna sehingga berharap masukan dari pembaca untuk penyempurnaan isi buku pada masa yang akan datang.

Semoga buku kimia kelas xi kurikulum merdeka ini dapat bermanfaat khususnya bagi peserta didik dan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Untuk mendapatkan Buku Kimia Kelas XI Fase F Kurikulum Merdeka silahkan download filenya di bawah ini.

Download Buku Guru Kimia Kelas XI Fase F Kurikulum Merdeka


Download Buku Siswa Kimia Kelas XI Fase F Kurikulum Merdeka

Belum ada Komentar untuk "Buku Kimia Kelas XI Fase F Kurikulum Merdeka (Buku Guru dan Buku Siswa)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel