Buku Fisika Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka Revisi 2022

Buku panduan guru ditujukan untuk memandu guru dalam menggunakan buku siswa sehingga memudahkan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang sistematis dan bermakna. Buku ini mendorong guru untuk mengembangkan kreativitas dan berpikir kritis serta membangkitkan minat belajar dari peserta didik. Ada dua bagian dalam buku guru, yaitu Panduan Umum dan Panduan Khusus. Panduan Umum terdiri atas 5 bagian yaitu Pendahuluan, Proil Pelajar Pancasila, Capaian Pembelajaran Fase F yang harus dicapai oleh peserta didik SMA di kelas XI, Penjelasan Fitur-Fitur Buku Siswa, dan Strategi Umum Pembelajaran yang digunakan dalam buku beserta petunjuk aktivitas pembelajaran. Panduan Khusus menjabarkan secara spesiik pelaksanaan pembelajaran yang holistik sesuai dengan materi belajar. Panduan Khusus terdiri atas 7 unit pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran. Panduan Khusus berisikan deskripsi materi pembelajaran secara singkat, peta konsep, tujuan pembelajaran, skema pembelajaran, pengetahuan prasyarat, persiapan pengajaran, apersepsi, langkah-langkah pembelajaran serta, asesmen, dan kunci jawaban. Asesmen formatif diwujudkan dalam beberapa itur buku.
Peserta didik diharapkan menjadi pelajar yang berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di tengah arus globalisasi dunia dan kemajuan teknlogi. Proil Pelajar Pancasila mempunyai enam dimensi yang bersifat holistik, yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, 2) berkebinekaan global, 3) bergotong royong, 4) kreatif, 5) bernalar kritis, dan 6) mandiri. Semua dimensi proil pelajar Pancasila dapat tercapai dalam pembelajaran Fisika walaupun kecenderungan yang dicapai dan mudah terlihat adalah dimensi bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri. Fenomena-fenomena isis menimbulkan kekaguman yang dapat meningkatkan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kinerja ilmiah menimbulkan nilai-nilai yang berujung pada akhlak mulia. Dimensi berkebinekaan global terwujud ketika peserta didik mencapai salah satu elemennya yaitu mempunyai perspektif terhadap permasalahan sehari-hari.
Buku Siswa dirancang sehingga peserta didik memiliki pengalaman belajar yang bermakna melalui penjelasan teks, gambar, dan kegiatan-kegiatan yang diberikan. Struktur dan itur-itur buku siswa diberikan sebagai berikut:
  1. Sampul Bab Berisikan gambar, nomor dan judul bab, tujuan pembelajaran dalam bentuk narasi, serta kata-kata kunci.
  2. Peta Konsep Peta konsep menjelaskan secara singkat akan gambaran menyeluruh tentang hubungan antar konsep dalam materi yang dibahas secara hierarki.
  3. Pengantar Bab Berisikan fenomena-fenomena dan teknologi yang membangkitkan rasa ingin tahu, minat belajar dan berpikir kritis.
  4. Fitur-Fitur Beragam jenis kegiatan yang berkaitan dengan materi ditampilkan sebagai tanggapan Peserta didik terhadap konsep yang telah Peserta didik pelajari.
Ayo, Berdiskusi! Peserta didik saling bertukar pikiran dengan menyampaikan pendapat guna memperluas dan memperdalam pemahaman materi dalam menjawab pertanyaan atau menyelesaikan masalah khususnya yang berkaitan dengan kebaruan.
Ayo, Berkolaborasi! Peserta didik bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas baik dalam menyelesaikan masalah maupun menjawab pertanyaan.
Ayo, Berpikir Kritis! Peserta didik menguraikan informasi atau masalah sehingga dapat membuat perbandingan, memberikan penilaian dan menarik simpulan.
Ayo, Berteknologi! Peserta didik menggunakan berbagai aplikasi untuk mendukung pemahaman materi pembelajaran dan penyelesaian tugas.
Ayo, Amati! Peserta didik melakukan aktivitas ilmiah dengan melakukan pengamatan dan kemudian menarik simpulan dari pengamatan yang bersesuaian dengan materi yang dipelajari.
Ayo, Cek Pemahaman! Peserta didik menunjukkan pemahaman akan subtopik yang telah dipelajari dengan menyelesaikan masalah atau menjawab pertanyaan.
Ayo, Cermati! Peserta didik memperhatikan dengan saksama suatu bagian dari materi pembelajaran untuk menjawab pertanyaan.
Releksi Kegiatan untuk merenungkan kembali proses pembelajaran yang telah dijalani dan menilai hal-hal yang sudah dipahami dan masih merupakan tantangan untuk dipahami.
Aktivitas dalam berbagai bentuk kegiatan seperti percobaan yang dilakukan secara laboratorium basah ataupun virtual, serta penelusuran dan pengolahan informasi baik dari teks maupun gambar. Dalam aktivitas ditanamkan juga nilai-nilai proil pelajar pancasila.
Intisari Pada setiap akhir bab peserta didik mendapatkan ringkasan tentang konsep kunci dari materi yang telah dipelajari.
Pengayaan Peserta didik mendapatkan materi pembelajaran yang memperdalam dan memperluas wawasan atau pengetahuan akan konsep isika yang sudah dipelajari.
Proyek Peserta didik mengerjakan proyek yang melibatkan penguasaan materi dan keterampilan proses untuk memecahkan suatu masalah atau mengadakan suatu penyelidikan.
Tahukah Kalian Peserta didik mendapatkan informasi yang berkaitan dengan materi yang sedang peserta didik pelajari, biasanya merupakan aplikasi dari konsep atau prinsip isika. 
Asesmen Asesmen pada akhir bab dirancang dengan memanfaatkan berbagai informasi, misalnya graik, dan analisis untuk memecahkan masalah.

Untuk mendapatkan Buku Fisika Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka Revisi 2022 dalam bentuk Pdf silahkan download file pada link yang sudah kami sediakan diakhir artikel ini.

Teruntuk para rekan guru yang membutuhkan Modul Ajar lengkap mata pelajaran Fisika Kelas XI SMA bisa memesannya DISINI untuk melihat contohnya silahkan klik Disini.

Belum ada Komentar untuk "Buku Fisika Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka Revisi 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel