Download Buku Akidah Akhlak Kelas VIII MTS Revisi 2020 Pdf

Download Buku Akidah Akhlak Kelas VIII MTS Revisi 2020 Pdf

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, puji syukur hanya milik Allah Swt. yang telah menganugerahkan hidayah, taufiq dan inayah sehingga proses penulisan buku teks pelajaran PAI dan bahasa Arab pada madrasah ini dapat diselesaikan. Shalawat serta salam semoga tercurah keharibaan Rasulullah Saw. Amin.  

Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI akhirnya menerbitkan buku revisi 2020 untuk tingkat MI, MTS, dan MA.
Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai Buku Akidah Akhlak Kelas VIII MTS revisi 2020 sesuai dengan KMA nomor 183, Sebagai bahan pertimbangan Bapak/ibu sebelum mendownload buku ini berikut kami sajikan Kompetensi Dasar mapel akidah akhlak kelas 8 mts revisi terbaru.


KOMPETENSI DASAR AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS SEMESTER GANJIL
-----------------------------------------------------------------------------------
AL-QUR’AN DAN KEISTIMEWAANNYA

1.1 Menghayati keutamaan al-Qur'an
2.1 Mengamalkan sikap kecintaan kepada al-Qur'an
3.1 Memahami sejarah, hakikat, dan keistimewaan al-Qur'an
4.1 Mengomunikasikan contoh bukti-bukti keistimewaan al-Qur'an
Indikator pencapaian Kompetensi
-------------------------------------
1.1.1 Menghayati  keutamaan al-Qur’an sebagai kitab suci Allah
2.1.1 Menunjukkan perilaku yang mencerminkan kecintaan kepada al-Qur’an
3.1.1 Menjelaskan sejarah diturunkannya al-Qur’an
3.1.2 Menjelaskan pengertian al-Qur’an
3.1.3 Menunjukkan bukti-bukti tentang kebenaran  al-Qur’an
3.1.4 Menguraikan isi pokok kandungan al-Qur’an
3.1.5 Menyimpulkan keistimewaan al-Qur’an
4.1.1 Menyajikan data dan fakta serta sumber tentang bukti-bukti keistimewaan al-Qur’an

MUKJIZAT DAN KEJADIAN LUAR BIASA LAINNYA
1.2  Menghayati kebenaran adanya mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhas)
2.2  Menunjukkan sikap percaya diri dan tolong menolong sebagai implementasi keimanan pada mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhas)
3.2  Menganalisis pengertian, contoh dan hikmah mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhas)
4.2  Mengomunikasikan contoh kisah tentang adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhas)
Indikator pencapaian Kompetensi
-------------------------------------
1.2.1 Menunjukkan perilaku spiritual dari pengalaman belajar meyakini adanya mukjizat kejadian luar biasa lainnya.
2.2.1 Menunjukkan sikap percaya diri dan tolong menolong sebagai implementasi keimanan pada mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhas)
3.2.1 Menjelaskan persamaan dan perbedaan antara mukjizat dengan karamah, irhas. dan ma’unah.
3.2.2 Membedakan contoh mukjizat, karamah, irhas. dan ma’unah.
3.2.3 Menyimpulkan hikmah adanya mukjizat, karamah, irhas. dan ma’unah.
4.2.1 Menuliskan kisah-kisah dari berbagai sumber tentang adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma‘unah, dan irhas).

MEMBIASAKAN AKHLAK TERPUJI (IKHTIAR, TAWAKAL, SABAR, SYUKUR, DAN QANA’AH)
1.3  Menghayati hakikat ikhtiar, tawakal, sabar, syukur dan qana’ah sesuai ketentuan Islam
2.3  Mengamalkan perilaku khtiyar tawakal, sabar, syukur dan qana’ah dalam kehidupan sehari-hari
3.3  Menganalisis pengertian, dalil, contoh, dan dampak positif sifat ikhtiar, tawakal, qana’ah, sabar dan syukur
4.3  Mengomunikasikan hasil analisis contoh penerapan perilaku ikhtiar, tawakal, qana’ah, sabar dan syukur
Indikator pencapaian Kompetensi
-------------------------------------
1.3.1 Membiasakan siswa melakukan ikhtiar, tawakal, , sabar, syukur dan qana’ah sesuai ketentuan Islam
2.3.1 Menunjukkan perilaku ikhtiar tawakal, sabar, syukur dan qana’ah dalam kehidupan sehari-hari
3.3.1 Menjelaskan pengertian ikhtiar, tawakal, sabar, syukur dan qana’ah sesuai ketentuan Islam
3.3.2  Menjelaskan kandungan dalil tentang ikhtiar, tawakal, sabar, syukur dan qana’ah dan keterkaitannya dengan dampak positif memiliki sikap-sikap terpuji tersebut
3.3.3  Mengidentifikasi contoh perilaku seseorang yang memiliki akhlaq terpuji ikhtiar, tawakal, sabar, syukur dan qana’ah dalam kehidupan.
3.3.4  Menjelaskan dampak positif memiliki akhlaq terpuji ikhtiar, tawakal, , sabar, syukur dan qana’ah
3.3.5  Menyimpulkan keterkaitan antara ikhtiar, tawakal, sabar, syukur, dan qana’ah
4.3.1  Menyajikan contoh perilaku akhlaq terpuji ikhtiar, tawakal, sabar, syukur dan qana’ah

MENGHINDARI AKHLAK TERCELA (ANANIAH, PUTUS ASA, GADAB, DAN TAMAK)
1.4  Menghayati perilaku tercela ananiah, putus asa, gadab, dan tamak adalah sifat yang dilarang dalam islam
2.4  Mengamalkan perilaku peduli, kerja keras dan optimis sebagai implementasi cara menghindari perilaku ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
3.4  Memahami pengertian, dalil, contoh, dan dampak negatif sifat ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
4.4  Menyajikan cara menghindari sifat tercela ananiah, putus asa, gadab, dan tamak dalam kehidupan sehari-hari
Indikator pencapaian Kompetensi
-------------------------------------
1.4.1 Membiasakan diri menghayati hakikat perilaku tercela ananiah, putus asa,  gadab, dan tamak adalah sifat yang dilarang dalam islam
2.4.1 Menunjukkan perilaku peduli, kerja keras dan optimis sebagai implementasi cara menghindari perilaku tercela ananiah, putus asa, gadab, dan tamak dalam kehidupan sehari-hari
3.4.1 Menjelaskan pengertian perilaku tercela ananiah, putus asa, gadab, dan tamak sesuai ketentuan Islam
3.4.2 Menjelaskan makna kandungan dalil tentang larangan perilaku tercela ananiah, putus asa, gadab, dan tamak  
3.4.3 Mengidentifikasi contoh perilaku seseorang yang memiliki perilaku tercela ananiah, putus asa, gadab, dan tamak dalam kehidupan.
3.4.4 Menjelaskan dampak negatif memiliki perilaku tercela ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
4.4.1 Menyajikan contoh perilaku cara menghindari sifat tercela ananiah, putus asa, gadab, dan tamak dalam kehidupan sehari-hari

ADAB SEORANG MUSLIM TERHADAP ORANG TUA  DAN GURU
1.2.  Menghayati adab yang baik kepada orang tua dan guru
2.2.  Mengamalkan adab yang baik kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
3.2.  Menerapkan adab kepada orang tua dan guru beserta dalilnya
4.2.  Mempraktikan adab kepada orang tua dan guru
Indikator pencapaian Kompetensi
-------------------------------------
1.5.1. Menyadari kewajiban menerapkan adab yang baik kepada orang tua dan guru.
2.5.1. Menunjukkan perilaku terbiasa menerapkan adab yang baik kepada orang tua dan guru.
3.5.1. Menjelaskan pengertian adab kepada orang tua dan guru.
3.5.2. Menunjukkan dalil tentang adab kepada orang tua dan guru.
3.5.3. Mengidentifikasi contoh perilaku adab kepada orang tua dan guru
3.5.4. Menjelaskan hikmah menerapkan adab kepada orang tua dan guru.
4.5.1. Mensimulasikan secara berkelompok di depan kelas adab kepada orang tua dan guru.

KISAH KETELADANAN NABI MUSA AS.
1.6  Menghayati kisahketeladaan Nabi Musa As.
2.6  Menunjukan sikap teguh pendirian dan peduli sebagai implementasi kisah keteladaan Nabi Musa As.
3.6  Menganalisis kisah keteladanan Nabi Musa As.
4.6  Mengomunikasikan hasil analisis sifat keteladaanNabi Musa As.
Indikator pencapaian Kompetensi
-------------------------------------
1.6.1 Menghayati kisah keteladanan Nabi Musa As.
2.6.1 Menunjukkan perilaku yang mencontoh sikap teguh pendirian dan peduli sebagai implementasi kisah keteladaan Nabi Musa As.
3.6.1 Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Musa  As.
3.6.2 Mengidentifikasi contoh akhlakul karimah nabi Musa As.
3.6.3 Menyimpulkan hikmah dari kisah keteladanan Nabi Musa As.
4.6.1 Menyajikan kesimpulan sifat-sifat keteladanan Nabi Musa As.

KOMPETENSI DASAR AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS SEMESTER GENAP
-----------------------------------------------------------------------------------

KETELADANAN RASUL ULUL AZMI DAN KEISTIMEWAANNYA
1.7  Menghayati sifat utama rasul Ulul Azmi
2.7  Menunjukan sikap sabar dan tanggung jawab sebagai implementasi mengimani sifat utama rasul Ulul Azmi
3.7  Menganalisis sifat utama dan keteguhan rasul Ulul Azmi
4.7  Menyajikan hasil analisis kisah keteladan rasul Ulul Azmi
Indikator pencapaian Kompetensi
-------------------------------------
1.7.1 Menunjukkan perilaku spiritual dari pengalaman belajar sifat utama Rasul Ulul Azmi
2.7.1 Menunjukkan perilaku sosial sabar dan tanggung  jawab sebagai implementasi mengimani sifat utama rasul Ulul Azmi.
3.7.1 Menjelaskan pengertian rasul Ulul Azmi.
3.7.2 Menyebutkan sifat utama dan keteguhan rasul Ulul Azmi.
3.7.3 Menunjukkan contoh perilaku meneladani sifat utama dan keteguhan rasul Ulul Azmi.
4.7.1 Menyimpulkan kisah keteladanan rasul Ulul Azmi.

MEMBIASAKAN AKHLAK  TERPUJI (HUSNUDZAN, TAWADHU’, TASAMUH, DAN TA’AWUN)
1.8  Menghayati sikap husnudzan, tawadhu’, tasamuh, dan ta’awun sesuai ketentuan Islam
2.8  Mengamalkan perilaku husnudzan, tawadhu’, tasamuh, dan ta’awun dalam kehidupan sehari- hari
3.8  Memahami pengertian, dalil, contoh, dan dampak positif sifat husnudzan, tawadhu’, tasamuh, dan ta’awun
4.8  Mengomunikasikan contoh penerapan perilaku husnudzan, tawadhu’, tasamuh, dan ta’awun dalam kehidupan sehari- hari
Indikator pencapaian Kompetensi
-------------------------------------
1.8.1 Menampilkan sikap spiritual dari pengalaman belajar sifat husnudzan, tawadhu’, tasamuh, dan ta’awun.  
2.8.1 Menunjukkan perilaku sosial yang mencerminkan berperilaku husnudzan, tawadhu’, tasamuh, dan ta‘awun dalam kehidupan sehari-hari
3.8.1 Menjelaskan pengertian husnudzan, tawadhu’, tasamuh, dan ta‘awun
3.8.2 Menyebutkancontoh perbuatan dari husnudzan, tawadhu’, tasamuh, dan ta‘awun.
3.8.3 Menyebutkan dampak positif dari husnudzan, tawadhu’, tasamuh, dan ta‘awun.
4.8.1 Mendemonstrasikan dampak positif dari akhlak terpuji (husnudzan, tawadhu’, tasamuh, dan ta‘awun)

MENGHINDARI AKHLAK  TERCELA (HASAD, DENDAM, GHIBAH, FITNAH, DAN NAMIMAH)
1.9  Menghayati sifat tercela yang dilarang oleh Allah Swt. yaitu hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah
2.9  Menunjukan perilaku tolong menolong dan kasih sayang sebagai implementasi pemahaman tentang hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah
3.9  Memahami pengertian, dalil, contoh dan dampak negatif sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah
4.9  Menyajikan cara menghindari sifat hasad, dendam, ghibah, dan namimah
Indikator pencapaian Kompetensi
-------------------------------------
1.9.1 Menghindari sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah
2.9.1 Mengubah perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah dengan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari
3.9.1 Menjelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah
3.9.2 Menjelaskan contoh perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah
3.9.3 Menyimpulkan dampak negatif dari hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah
4.9.1 Mendemonstrasikan upaya menghindari sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah
 
ADAB BERSOSIAL MEDIA DALAM PANDANGAN ISLAM
1.10  Menghayati adab bersosial media yang baik sesuai ketentuan Islam
2.10  Menjalankan adab bersosial media yang baik dalam kehidupan sehari- hari
3.10  Menerapkan adab bersosial media
4.10  Mempraktikan contoh adab bersosial media yang baik dalam kehidupan sehari-hari
Indikator pencapaian Kompetensi
-------------------------------------
1.10.1 Menampilkan sikap spiritual dari pengalaman belajar adab bersosial media
2.10.1 Menunjukkan perilaku yang mencerminkan dari pengalaman belajar adab bersosial media
3.10.1 Menjelaskan pengertian sosial media.
3.10.2 Menyebutkan macam-macam dan jenis sosial media.
3.10.3 Mengidentifikasi dampak positif dan negatif sosial media
3.10.4 Menerapkan adab bersosial media dalam pandangan Islam
4.10.1 Mempaktikkan adab bersosial media yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

KETELADANAN SAHABAT ABU BAKAR  
1.11  Menghayati kisah keteladanan Abu Bakar ra.
2.11  Menunjukan perilaku jujur dan disiplin sebagai implementasi kisah keteladanan sahabat Abu Bakar ra
3.11  Menganalisis kisah keteladanan sahabat Abu Bakar ra.
4.11  Mengomunikasikan hasil analisis keteladaan sahabat Abu Bakar ra.
Indikator pencapaian Kompetensi
-------------------------------------
1.11.1 Menampilkan sikap spiritual dari pengalaman belajar tentang kisah keteladanan Abu Bakar
2.11.1 Menunjukkan perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani kisah Abu Bakar
3.11.1 Menjelaskan kisah  Abu Bakar
3.11.2 Menyimpulkan keteladanan dari kisah Abu Bakar
4.11.1 Menceritakan kisah keteladanan Abu Bakar

Untuk mendapatkan Buku Akidah Akhlak Kelas VIII MTS revisi 2020 dalam bentuk pdf silahkan unduh filenya di bawah ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan dan memiliki perangkat pembelajaran lengkap mapel akidah akhlak MTS yang sesuai dengan KMA nomor 183 silahkan klik DISINI.

Belum ada Komentar untuk "Download Buku Akidah Akhlak Kelas VIII MTS Revisi 2020 Pdf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel