Soal Ujian Akhir Semester 2 (UAS) Kepariwisataan X SMK

Soal Ujian Akhir Semester  2 (UAS) Kepariwisataan X SMK
Sebelumnya kita sudah membagikan Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) 1 Kepariwisataan X SMK, Sekarang kita lanjutkan ke Soal Ujian Akhir Semester  2 (UAS) Kepariwisataan X SMK


A. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat.

1. Fasilitas dan perusahaan yang memberikan pelayanan kepada wisatawan, baik secara langsung maupun tidak langsung adalah....
a. sarana akomodasi
b. sarana pariwisata
C. sarana promosi
d. sarana transportasi
e. prasarana pariwisata

2. Modified American Plan (MAP) adalah tarif kamar termasuk....
a. breakfast
b. lunch
C. dinner
d. breakfast and lunch
e. breakfast and lunch or dinner

3. Hotel yang dipersiapkan untuk kegiatan yang bertujuan berwisata adalah ....
a. city hotel
b. resort hotel
C. resident hotel
d. comersial hotel
e. country side hotel

4. Sarana penunjang yang membuat para wisatawan lebih lama tinggal dan banyak mengeluarkan uang di daerah tujuan wisata, seperti Las Vegas, Genting Highland, adalah
a. bilyard
b. bowling
C. casino
d. fishing
e. surfing

5. Cara penyajian makanan dengan memilih makanan berdasarkan menu yang telah disediakan disebut....
a. buffet
b. banquet
C. table d'hôte
d. bed and breakfast
e. a la carte

6. Taman wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan merupakan daya tarik suatu daerah tujuan wisata dikenal dengan istilah attractive spontanee. Hal ini adalah pendapat
a. Prof. Partier
b. Prof. Mariotti
C. Prof. I Gde Pitana
d. Prof. K. Krapft
e. Prof. W. Hunziker

7. Ditinjau dari maksud atau tujuan tamu menginap di hotel, dapat dikelompokkan sebagai berikut....
a. cottage, bungalow, pension
b. beach hotel, garden hotel, highway hotel
C. transit hotel, cure hotel, business hotel
d. resort hotel, city hotel, mountain hotel
e. motor hotel, country side hotel, airport hotel

8. Berdasarkan ahli perhotelan, Peter Dukas dan Gerald W. Latin, yang tidak termasuk dalam klasifikasi hotel berdasarkan harga kamar adalah
a. american plan
b. modified american plan
C. european plan
d. modified eropean plan
e. continental plan

9. Salah satu keuntungan tamu menyewa kamar dengan sistem american plan adalah ...
a. sesuai dengan selera tamu
b. harga relatif murah
C. tamu diatur waktu makannya
d. makan tidak disediakan di luar jam makan
e. jika tamu tidak makan di hotel, uang tidak kembali

10. Kepulauan Mentawai di Sumatra Barat merupakan daya tarik wisata alam sebagai wisata .....
a. buru
b. laut
C. wisata
d. nasional
e. hutan raya

11. Berikut yang bukan aspek daya tarik suatu daerah tujuan wisata adalah....
a. adanya sumber daya yang dapat menimbulkan rasa senang, nyaman, aman, indah dan bersih
b. ada akses untuk mengunjungi objek wisata (mudah dicapai)
C. tersedia sarana/prasarana penunjang pariwisata
d. tersedianya peralatan memancing pada tempat wisata laut
e. memiliki ciri khusus/spesifikasi yang bersifat langka

12. Hidup dan berkembangnya hotel sangat bergantung pada banyak dan sedikitnya tamu yang datang, maka hotel merupakan salah satu dari....

a. service tourism suprastructures
b. main tourism suprastructures
C. complimentary tourism suprastructures
d. supporting tourism suprastructures
e. supplementing tourism suprastructures

13. Persentase wartawan menggunakan Facebook sebagai alat untuk pelaporan adalah ....
a. 75%
b. 60%
c. 45%
d. 30%
e. 20%

14. Persentase wartawan menggunakan Twitter sebagai alat untuk pelaporan adalah....
a. 75%
b. 69%
C. 50%
d. 45%
e. 30%

15. Persentase wartawan menggunakan telepon seluler sebagai alat untuk pelaporan adalah
a. 75%
b. 69%
d. 45%
c. 50%
e. 30%

16. Organisasi kepariwisataan yang merupakan asosiasi dari berbagai macam kelompok perusahaan industri pariwisata adalah...
a. private tourist sector
b. private tourist office
c. private tourist bureau
d. government tourist office
e. government tourist sector

17. Berikut yang merupakan sebuah organisasi kepariwisataan nasional adalah ....
a. ASITA
b. BAPPARNAS
c. PHRI
d. PUTRI
e. ASEANTTA

18. Berikut yang bukan merupakan sebuah organisasi biro perjalanan internasional adalah
a. UNWTO
b. IATA
c. ASEANTA
d. IHRA
e. PATA

19. Sebuah komite tetap pariwisata ASEAN yang beranggotakan negara-negara ASEAN adalah
a. ASEAN PCT
b. ASEANTA
c. ASEAN
d. PHRI
e. ASEANTTA

20. UFTAA merupakan organisasi dan perhimpunan biro perjalanan yang dibentuk pada....
a. 1944
b. 1966
c. 1925
d. 1980
e. 1945

21. Fungsi suatu organisasi kepariwisataan nasional secara umum adalah....
a. Lembaga yang bertanggung jawab atas perencanaan, pengembangan, pembinaan, dan promosi kepariwisataan, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.
b. Lembaga yang memberikan pengertian dan menyebarluaskan arti penting pariwisata sebagai suatu industri.
C. Lembaga yang membuat perencanaan serta mengambil kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan dan penelitian, pemasaran, dan promosi.
d. Lembaga yang meningkatkan kemakmuran secara menyeluruh, hak asasi manusia, dan kebebasan dasar untuk semua tanpa memandang perbedaan suku, ras, bahasa, agama, dan jenis kelamin
e. Lembaga yang meningkatkan kerja sama antaranggota.

22. Fasilitas Bebas Visa Kunjungan Singkat (BVKS) dan Visa on Arrival (VOA) untuk paspor asing yang melakukan kunjungan bisnis, wisata, dan sosial hanya berlaku maksimal....
a. 10 hari
b. 20 hari
c. 30 hari
d. 40 hari
e. 50 hari

23. Menurut H. Robinson dalam bukunya A Geography of Tourism, fungsi suatu organisasi kepariwisataan ada ....
a. enam
b. tujuh
c. delapan
d. sembilan
e.sepuluh

24. Salah satu bentuk wujud promosi bersama anggota perhimpunan ASEANTTA adalah....
a. WATA
b. UNWTO
c. BAPPARDA
d. ASEAN
e. ATF

25. Berikut contoh usaha yang terkait dengan daya tarik wisata adalah ....
a. festival budaya
b. pengelolaan agrowisata
C. pengelolaan wisata kesehatan
d. pemanfaatan industri kerajinan
e. taman nasional

26. Segala sesuatu yang terdapat di daerah tujuan wisata yang menjadi daya tarik sehingga orang-orang mau datang untuk berkunjung ke tempat tersebut adalah
a. attractive spontanee
b. tourist object
C. performance
d. service
e. tourism suprastructure

27. Suatu surat dalam bentuk tertentu yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah yang berwenang dari suatu negara untuk warga negaranya disebut....
a. sertifikat kesehatan
b. dokumen perjalanan
c. visa
d. fiskal
e. paspor

28. Paspor biasa dikeluarkan oleh ...
a. Direktorat Imigrasi, Departemen Kehakiman
b. Kementerian Pariwisata
c. Perpustakaan Nasional
d. Kementerian Luar Negeri
e. Badan Ekonomi dan Kreatif

29. Paspor yang berwarna biru disebut paspor ....
a. biasa
b. dinas
c. diplomatik
d. haji
e. pelaut

30. Berikut yang tidak termasuk isi paspor adalah ....
a. data pribadi
b. foto pribadi
c. tempat dan tanggal lahir
d. masa berlaku
e. nomor kendaraan

31. Visa yang diberikan kepada seseorang yang memasuki wilayah satu negara hanya untuk keperluan belajar adalah visa ....
a. sementara
b. diplomatik
c.  imigran
d. pelajar
e. pekerja

32. Virgil van Dijk, warga negara Belanda, hendak tinggal di Indonesia untuk jangka waktu paling lama dua tahun untuk mengadakan penelitian ilmiah. Oleh karena itu, Virgil van Dijk harus mempunyai visa ....
a. bekerja
b. tinggal terbatas
c. diplomatik
d. sementara
e. dinas

33. Sergio, warga negara Spanyol, hendak ke Indonesia dengan tujuan liburan selama seminggu. Oleh karena itu, Sergio harus mempunyai visa....
a. bekerja
b. kunjungan wisata
c. berdiam sementara
d. kunjungan sosial
e. kunjungan usaha

34. Tanda tertentu berupa cap yang dibutuhkan. pada dokumen perjalanan warga negara Indonesia dan orang asing, baik manual maupun elektronik adalah....
a. tanda masuk
b. cap masuk
C. izin tinggal
d. tanda keluar
e. barcode

35. Surat keterangan atau pemberitahuan bahwa seseorang telah membayar pajak kepada negaranya untuk perjalanan ke luar negeri disebut....
a. visa
b. sertifikat kesehatan
C. fiskal
d. paspor
e. exit permit

36. Fiskal yang ditetapkan untuk satu kali perjalanan adalah ....
a. Rp1.000.000,00
b. Rp1.500.000,00
c. Rp2.000.000,00
d. Rp2.500.000,00
e. Rp3.000.000,00

37. Area komunikasi yang menjadi jaminan karena keuntungan iklan berbayar adalah....
a. konten, ukuran, lokasi, dana, dan frekuensi
b. konten, ukuran, waktu, lokasi, dan frekuensi
C. konten, transportasi, lokasi, ukuran, dan frekuensi
d. konten, ukuran, lokasi, tujuan, dan frekuensi
e. konten, ukuran, lokasi, tujuan, dan massa

38. Informasi yang dimuat media dapat dibaca atau dilihat oleh masyarakat tanpa ada dialog interaksi langsung disebut . . . .
a. nonpersonal communication
b. personal communication
c. mass communication
d. interpersonal communciation
e. nonverbal communication

39. Hal yang mencerminkan kredibilitas dan mengangkat publisitas institusi adalah ....
a. daya tarik event
b. kualitas hubungan media
c. etika jurnalistik
d. nama besar
e. produk baru

40. Publisitas yang tidak direncanakan (spontan) termasuk jenis publisitas berdasarkan ....
a. sumber
b. dampak
c. kejadian
d. sifat
e. tempo

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.

1. Jelaskan tujuan organisasi ETC.
2. Jelaskan dan sebutkan enam kelompok hotel ditinjau dari maksud/tujuan tamu menginap.
3. Jelaskan dan sebutkan tiga hal untuk memenuhi usaha daya tarik wisata.
4. Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang maksud program Sapta Pesona (7K) dalam pariwisata.
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan UNWTO, siapa saja yang menjadi anggotanya, apa saja tugas, serta tanggung jawabnya.
6. Sebutkanlah fungsi organisasi kepariwisataan nasional.
7. Jelaskan perbedaan paspor dan visa.
8. Mengapa kita wajib memiliki paspor ketika ingin pergi ke luar negeri?
9. Jelaskan tahap-tahap pembuatan pasor.
10. Jelaskan kelebihan dan kekurangan publisitas media cetak dan media online.

Download Soal Ujian Akhir Semester  2 (UAS) Kepariwisataan X SMK di bawah ini atau klik DISINI

Belum ada Komentar untuk "Soal Ujian Akhir Semester 2 (UAS) Kepariwisataan X SMK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel