Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) 1 Kepariwisataan X SMK

Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) 1 Kepariwisataan X SMK

Dibawah ini kami bagikan Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) 1 mata pelajaran Kepariwisataan kelas X SMK Bidang Keahlian  : Pariwisata Program Keahlian  : Perhotelan dan Jasa Pariwisata Kompetensi Keahlian : Perhotelan (C1) 

A. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat.

1. Industri pariwisata merupakan suatu ekonomi yang menyediakan jasa-jasa (services) untuk memuaskan kebutuhan wisatawan, di samping kebutuhan lain yang berhubungan dengan perjalanan. Pernyataan ini dikemukakan oleh
a. Prof. W. Hunziker
b. Bernecker
c. L. J. Lickorish
d. A. S. Hornby
e. Prof. K. Krapft

2. Natural amenities merupakan salah satu pendorong orang mengunjungi daerah tujuan wisata. Berikut yang tidak termasuk natural amenities adalah
a. iklim
b. hutan
c. flora dan fauna
d. benda bersejarah
e. pusat-pusat kesehatan

3. Produk yang dihasilkan terpisah, sedangkan permintaan tergabung dalam paket wisata. Hal itu berkaitan dengan industri pariwisata jika ditinjau dari segi....
a. hukum
b. ekonomi
c. sosial
d. budaya
e. politik

4. Definisi industri yang dikemukakan oleh seorang ahli pariwisata bernama G. A. Schmoll adalah ...
a. Semua usaha yang mempunyai kesatuan wujud dengan menggabungkan berbagai macam produk.
b. Pariwisata adalah industri yang sangat terdesentralisasi, yang terdiri atas perusahaan yang berbeda dalam ukuran, lokasi, berbagai layanan yang disediakan, dan metode yang digunakan.
c. Industri pariwisata merupakan entitas ekonomi dalam penyediaan layanan untuk memenuhi kebutuhan perjalanan dan kebutuhan lain yang terkait dengan itu dan selanjutnya membuat perbedaan antara perusahaan "berorientasi objek".
d. Perusahaan pariwisata adalah semua badan usaha yang menyediakan barang dan jasa dari jenis apa pun yang secara langsung memenuhi kebutuhan wisatawan dan melakukannya, sehingga memiliki kontak dengan wisatawan.
e. Perusahaan primer yang memenuhi keperluan akomodasi transportasi, makanan, dan persiapan perjalanan.

5. Semua perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata disebut....
a. prasarana wisata
b. sarana wisata
C. industri pariwisata
d. industri wisata
e. industri jasa pramuwisata

6. Berikut yang tidak digolongkan ke dalam industri pariwisata adalah ....
a. akomodasi
b. restoran
c. transportasi
d. rekreasi
e. hiburan

7. Dalam skema industri pariwisata kemudahan wisatawan mencapai daerah wisata, karena sudah tersedianya prasarana dan sarana penghubung adalah ....
a. attraction
d. activities
b. accomodation
c. accesibility
e. amenities

8. Pariwisata merupakan industri jasa yang memberikan kepuasan dan kesenangan kepada wisatawan yang datang untuk bersenang-senang dengan sikap yang ramah dan lingkungan yang bersih dan aman. Industri semacam ini disebut...
a. chemical industry b. hospitality industry
C. tourism industry
d. unsmoked industry
e. invironment hospitality industry

9.Jasa pelayanan melalui usaha money changer termasuk bidang industri pariwisata tempat
a. penyimpanan uang asing
b. peminjaman uang asing
c. penukaran uang asing
d. pembelian uang asing
e. penjualan uang asing

10. Berikut contoh industri pariwisata yang usahanya tidak semata-mata untuk memenuhi kebutuhan wisatawan adalah
a.travel agent
b.tour operator
c. transportation
d. insurance
e. accomodation

11. Tumbuhnya sikap mental yang hedonis merupakan dampak....
a. positif aspek budaya
b. negatif aspek sosial
c. positif aspek lingkungan
d.negatif aspek politik
e.positif aspek ideologi

12. Berikut yang tidak termasuk faktor pendorong orang ingin berwisata adalah....
a. rasa ingin tahu
b. rekreasi
c.berolahraga
d. kebudayaan
e.ikut-ikutan

13. Perjalanan yang dilakukan dengan tujuan untuk berekreasi, liburan, kesehatan, pendidikan, keagamaan, dan olahraga disebut ....
a. pesiar
b. eksplorasi
c. darmawisata
d. pelisir
e.surfing

14. Wisatawan yang sedang melakukan perjalanan ke negara tertentu yang terpaksa mampir/singgah di suatu pelabuhan/airport/stasiun yang bukan atas kemauannya sendiri disebut wisatawan....
a. bisnis
b. asing bertugas
c. transit
d. domestik
e. mancanegara

15. Jumlah pendapatan masyarakat setempat yang meningkat yang dihasilkan dari pengeluaran awal wisatawan pada suatu periode waktu tertentu adalah....
a. tourist expenditure
b. induced spending
c. multiplier effect
d. tourism intensity
e. indirect spending

16. Berikut yang bukan merupakan modal dasar pembangunan sektor pariwisata adalah....
a. sumber daya alam
b. stabilitas keamanan
c. penduduk yang homogen
d. budaya yang beragam
e. pencitraan nasional

17. Wisatawan yang berkunjung akan mengeluarkan sebagian dari uangnya untuk keperluan selama perjalanannya memberikan...
a. kesempatan berusaha
b. timbulnya lapangan kerja
c. meningkatkan kecerdasan bangsa
d. mendorong pembangunan daerah
e. meningkatkan masyarakat dan pemerintah

18. Berikut yang merupakan dampak negatif pariwisata pada aspek budaya adalah....
a. emansipasi, korupsi, kolusi
b. westernisasi, culture contact, komersialisasi
c. vandalisme, komunisme, egoisme
d. individualisme, materialisme, hedonisme
e. xenofobia, komersialisasi, akulturasi

19. Akhir-akhir ini, para pelaku pariwisata mengganti istilah Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) dengan ....
a. The Tour Industry
b. The Meeting Industry
c. The Incentive Industry
d. The Convention Industry
e. The Exhibition Industry

20. Berikut yang tidak termasuk jenis pekerjaan hotel/motel/resort adalah
a.bellboy
b. resident manager
c. akuntan
d. tour planner
e. room clerk

21. Ruang lingkup bidang karier akomodasi adalah....
a. memberikan jasa fasilitas dari kedatangan hingga keberangkatan
b. memberikan jasa mengantarkan wisatawan dari satu tempat ke tempat lain
c. memberikan pelayanan dalam hal makanan dan minuman
d. menyediakan wisata hiburan
e. menyelenggarakan berbagai acara di suatu negara, kota, atau tempat tertentu.

22. Ruang lingkup karier dalam industri pariwisata yang memberikan jasa mengantarkan wisatawan adalah....
a. akomodasi
b. objek wisata
C. atraksi wisata
d. jasa boga dan restoran
e. jasa angkutan dan transportasi

23. Jenis karier yang tidak berhubungan langsung dengan sektor pariwisata adalah.....
a. travel journalism
b. recreation and leasure
c. hotel, motel, dan resort
d. airlines
e. tourism research

24. Ruang lingkup kerja Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) adalah ....
a. memandu wisatawan di objek wisata
b. menerima pemesanan tiket di objek wisata
c. menyelenggarakan jasa pelayanan informasi
d. menyelenggarakan meeting, incentive, convention, dan exhibition
e. menyelenggarakan rapat kerja nasional

25. Organisasi untuk perhimpunan hotel dan restoran di Indonesia dikenal dengan nama
a. PHRI
b. HPPI
d. IUOTO
e. INACA
C. PUTRI

26. Usaha jasa/pelayanan informasi wisata yang meliputi kegiatan penyediaan, penyebaran, dan pemanfaatan informasi kepariwisataan termasuk dalam bidang jasa ....
a. pramuwisata
b. impresariat
c. konsultan
d. informasi
e. konstruksi

27. Unsur-unsur utama aksesibilitas adalah.... yang benar
a. prasarana jalan, transportasi, dan komunikasi
b. komunikasi, transparansi, dan transportasi
c. prasarana gedung, fasilitas, dan akomodasi
d. prasarana jalan, transportasi, dan akomodasi
e. komunikasi, akomodasi, dan transparansi

28. Berikut yang bukan merupakan karier atau pekerjaan di bidang pengusahaan objek dan atraksi wisata adalah
a. pemandu museum
b. pemandu arung jeram
c. petugas lalu lintas
d. pemandu atraksi lompat batu
e. petugas/penjaga pantai

29. Berikut yang merupakan salah satu bidang karier/profesi di lembaga pendidikan pariwisata adalah....
a. pilot
b. dokter
c. pengacara
d. perawat
e. guru/dosen

30. Dampak pembangunan pariwisata bidang ekonomi antara lain adanya kesempatan berusaha, terbukanya lapangan kerja, dan
a. menambah kegiatan kesenian
b. mendorong pembangunan daerah
c. meningkatnya pergaulan masyarakat
d. mendorong timbulnya pernikahan antarnegara
e. meningkatnya pendapatan masyarakat dan pemerintah

31. Berikut yang merupakan dampak negatif pariwisata pada aspek budaya adalah....
a. emansipasi, korupsi, kolusi
b. westernisasi, culture contact, komersialisasi
c. vandalisme, komunisme, egoisme
d. individualisme, materialisme, hedonisme
e. xenofobia, komersialisasi, akulturasi

32. Berikut yang merupakan contoh pengaruh negatif yang dapat merusak nilai budaya bangsa adalah
a. membuang sampah sembarangan
b. naiknya harga barang di daerah
c. cara berpakaian yang tidak sopan
d. tumbuhnya pemahaman lintas budaya
e. meningkatnya kreativitas seni dan budaya

33. Berkembangnya pergaulan bebas di kalangan remaja merupakan salah satu dampak negatif aspek....
a. budaya
b. ekonomi
c. sosial
d. lingkungan
e. politik

34. Sifat meniru segala hal yang kebarat-baratan oleh masyarakat lokal adalah dampak negatif aspek...
a. sosial
b. ekonomi
c. budaya
d. politik
e. ideologi

35. Melestarikan suatu budaya daerah berarti
a. menolak budaya asing
b. melecehkan budaya tersebut
c. memasukkan budaya modern
d. menghargai nilai budaya tersebut
e. menghindarkan budaya warisan tersebut

36. Orang asing yang melakukan perjalanan wisata yang datang ke suatu negara yang bukan merupakan negara tempat tinggalnya disebut wisatawan
a. lokal
b. transit
c. bisnis
d. asing domestik
e. mancanegara

37. Ingin melihat cara kerja dan cara hidup (the way of life) rakyat di negara lain, ingin melihat kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh negara lain, menyaksikan tempat-tempat bersejarah, peninggalan-peninggalan kuno, dan festival adalah alasan berwisata dari faktor
a. negeri asal dan tempat bermukim
b. bisnis, sosial, dan politik
c. pendidikan dan kebudayaan
d. konferensi dan rekreasi
e. psikologis dan sosiologis

38. Seorang wisatawan akan merasa aman di suatu daerah tujuan wisata jika terhindar dari tindak kejahatan. Hal-hal yang tidak termasuk tindak kejahatan adalah ....
a. perampokan wisatawan
b. mengganggu wisatawan
c. membenci wisatawan
d. pemerasan wisatawan
e. ramah terhadap wisatawan

39. Turut menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan adalah sikap....
a. masyarakat yang ramah
b. membudayakan cinta kebersihan
c. memelihara ketertiban umum
d. berpenampilan rapi
e. membantu program penghijauan

40. Berikut yang bukan merupakan pembangunan dan pengembangan yang berdampak positif dalam sosial budaya adalah ....
a. mewujudkan kesehatan
b. melestarikan kebudayaan
c. mendorong pembangunan daerah
d. tingkat pergaulan yang bebas
e. pelestarian budaya dan adat istiadat

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.

1. Sebutkan jasa-jasa perusahaan yang secara langsung dibutuhkan wisatawan.
2. Mengapa produk industri pariwisata sangat bergantung pada sumber daya manusia? Jelaskan.
3. Jelaskan yang dimaksud dengan accessibility.
4. Mengapa pariwisata dikatakan sebagai industri? Jelaskan.
5. Jelaskan yang dimaksud dengan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE).
6. Jelaskan dan sebutkan contoh sumber daya pariwisata natural amenities.
7. Jelaskan dan sebutkan dampak positif pariwisata.
8. Sebutkan dan jelaskan tiga destinasi wisata yang paling diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara di Indonesia.
9. Jelaskan karakteristik wisatawan menurut Direktorat Jenderal Pariwisata.
10. Jelaskan karakteristik wisatawan domestik. 

Untuk mendapatkan  Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) 1 Kepariwisataan X SMK dalam bentuk file pdf silahkan unduh filenya di bawah ini. atau bisa juga mengunjungi halaman DISINI.

Belum ada Komentar untuk "Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) 1 Kepariwisataan X SMK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel