Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 |
Buku K13 Revisi 2018 - Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran pada sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Bila pada jenjang SD/MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah menjadi mata pelajaran.
Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran IPS secara terpadu, supaya pembelajaran IPS lebih bermakna bagi peserta didik dalam konteks kehidupan sehari-hari. Peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan utuh. Mata Pelajaran IPS mengkaji berbagai aspek kehidupan masyarakat secara terpadu, karena kehidupan masyarakat sebenarnya merupakan sebuah sistem dan totalitas dari berbagai aspek. Kehidupan masyarakat bersifat multi-dimensional, sehingga pembelajaran IPS yang dilaksanakan secara terpadu diharapkan mampu mengantarkan dan mengembangkan kompetensi peserta didik ke arah kehidupan masyarakat dengan baik dan fungsional, memiliki kepekaan sosial, dan mampu berpartisipasi dalam mengatasi masalah-masalah sosial yang terjadi.
Sebagai transisi menuju ke jenjang pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya. Bidang-bidang ilmu Geografi, Sejarah, Sosiologi, Antropologi, dan Ekonomi masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Pembelajarannya ditujukan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswaSMP/MTs tentang konsep konektivitas ruang dan waktu beserta aktivitas-aktivitas sosial di dalamnya.
Berikut ini adalah materi pada Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018
BAB I Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya
A. Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya
1. Letak dan Luas Benua Asia
2. Benua Amerika
3. Benua Eropa
4. Benua Afrika
5. Benua Australia
B. Kondisi Alam Negara-Negara di Dunia
1. Jepang
2. Amerika Serikat
3. Inggris
4. Australia
5. Mesir
C. Dinamika Penduduk Benua-Benua di Dunia
1. Dinamika Penduduk Asia
2. Dinamika Penduduk Amerika
3. Dinamika Penduduk Eropa
4. Dinamika Penduduk Afrika
5. Dinamika Penduduk Australia
D. Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang di Asia dan Benua Lainnya
1. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara terhadap Kehidupan Ekonomi
2. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Sosial
3. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara terhadap Kehidupan Budaya
4. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara terhadap Kehidupan Politik
5. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara terhadap Pendidikan
BAB II Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi
A. Perubahan Sosial Budaya
1. Bentuk Perubahan Sosial Budaya
2. Faktor Penyebab dan Penghambat Perubahan Sosial Budaya
B. Globalisasi
1. Bentuk Globalisasi
2. Dampak Globalisasi
3. Upaya Menghadapi Globalisasi
BAB III Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat
A. Perdagangan Internasional
1. Pengertian Perdagangan Internasional
2. Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional
3. Manfaat dan Hambatan Perdagangan Internasional
B. Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
1. Konsep Ekonomi Kreatif
2. Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif
C. Memanfaatkan Persaingan sebagai Peluang untuk Meraih Keunggulan Ekonomi Bangsa
D. Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat
1. Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi
2. Pengaruh Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi
E. Pasar Bebas
1. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
2. ASEAN Free Trade Area (AFTA)
3. Asia Pacific Economic Corporation (APEC)
4. Uni Eropa (Masyarakat Ekonomi Eropa/MEE)
5. World Trade Organization (WTO)
BAB IV Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi
A. Masa Kemerdekaan (1945–1950)
1. Proklamasi Kemerdekaan
2. Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia
3. Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan
4. Perkembangan Politik Indonesia pada Masa Kemerdekaan
5. Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa Kemerdekaan
6. Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Kemerdekaan
B. Masa Demokrasi Parlementer (1950-1959)
1. Perkembangan Politik
2. Perkembangan Ekonomi
3. Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Demokrasi Parlementer
C. Masa Demokrasi Terpimpin (1959 – 1965)
1. Perkembangan Politik
2. Perkembangan Ekonomi
3. Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Demokrasi Terpimpin
D. Masa Orde Baru (1966 – 1998)
1. Perkembangan Politik
2. Perkembangan Ekonomi
3. Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru
E. Masa Reformasi (1998-Sekarang)
1. Lahirnya Gerakan Reformasi
2. Perkembangan Politik
3. Perkembangan Ekonomi
4. Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Reformasi
Mata Pelajaran IPS dirumuskan atas dasar realitas sosial, baik pada tataran nasional, ASEAN, maupun global. Pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran wajib di SMP/MTs dengan ruang lingkup materi adalah Geografi, Sosiologi, Ekonomi, Antropologi, dan Sejarah. Pembelajaran IPS perlu diorganisasikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner dari ilmu-ilmu sosial, humaniora, dan psikologi perkembangan peserta didik. Mata Pelajaran IPS dilaksanakan melalui pembelajaran terpadu dengan menggunakan geografi sebagai titik tolak (platform) kajian dengan pertimbangan semua kejadian terikat dengan lokasi. Tujuannya adalah menekankan pentingnya interaksi antarruang dalam memperkokoh NKRI. Pembelajaran IPS di SMP/MTs lebih mengutamakan realitas sosial sebagai materi pembelajaran untuk mengembangkan sikap peduli sosial, berpikir logis, sistematis, kritis, analitis, dan keterampilan sosial dalam menghadapi abad ke-21.
Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Sebagai edisi pertama, Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini sangat terbuka terhadap masukan yang akan terus diperbaiki dan disempurnakan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih.
Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Untuk mendapatkan Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 silahkan download filenya di bawah ini.
Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran IPS secara terpadu, supaya pembelajaran IPS lebih bermakna bagi peserta didik dalam konteks kehidupan sehari-hari. Peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan utuh. Mata Pelajaran IPS mengkaji berbagai aspek kehidupan masyarakat secara terpadu, karena kehidupan masyarakat sebenarnya merupakan sebuah sistem dan totalitas dari berbagai aspek. Kehidupan masyarakat bersifat multi-dimensional, sehingga pembelajaran IPS yang dilaksanakan secara terpadu diharapkan mampu mengantarkan dan mengembangkan kompetensi peserta didik ke arah kehidupan masyarakat dengan baik dan fungsional, memiliki kepekaan sosial, dan mampu berpartisipasi dalam mengatasi masalah-masalah sosial yang terjadi.
Sebagai transisi menuju ke jenjang pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya. Bidang-bidang ilmu Geografi, Sejarah, Sosiologi, Antropologi, dan Ekonomi masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Pembelajarannya ditujukan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswaSMP/MTs tentang konsep konektivitas ruang dan waktu beserta aktivitas-aktivitas sosial di dalamnya.
Berikut ini adalah materi pada Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018
BAB I Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya
A. Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya
1. Letak dan Luas Benua Asia
2. Benua Amerika
3. Benua Eropa
4. Benua Afrika
5. Benua Australia
B. Kondisi Alam Negara-Negara di Dunia
1. Jepang
2. Amerika Serikat
3. Inggris
4. Australia
5. Mesir
C. Dinamika Penduduk Benua-Benua di Dunia
1. Dinamika Penduduk Asia
2. Dinamika Penduduk Amerika
3. Dinamika Penduduk Eropa
4. Dinamika Penduduk Afrika
5. Dinamika Penduduk Australia
D. Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang di Asia dan Benua Lainnya
1. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara terhadap Kehidupan Ekonomi
2. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Sosial
3. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara terhadap Kehidupan Budaya
4. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara terhadap Kehidupan Politik
5. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara terhadap Pendidikan
BAB II Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi
A. Perubahan Sosial Budaya
1. Bentuk Perubahan Sosial Budaya
2. Faktor Penyebab dan Penghambat Perubahan Sosial Budaya
B. Globalisasi
1. Bentuk Globalisasi
2. Dampak Globalisasi
3. Upaya Menghadapi Globalisasi
BAB III Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat
A. Perdagangan Internasional
1. Pengertian Perdagangan Internasional
2. Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional
3. Manfaat dan Hambatan Perdagangan Internasional
B. Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
1. Konsep Ekonomi Kreatif
2. Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif
C. Memanfaatkan Persaingan sebagai Peluang untuk Meraih Keunggulan Ekonomi Bangsa
D. Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat
1. Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi
2. Pengaruh Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi
E. Pasar Bebas
1. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
2. ASEAN Free Trade Area (AFTA)
3. Asia Pacific Economic Corporation (APEC)
4. Uni Eropa (Masyarakat Ekonomi Eropa/MEE)
5. World Trade Organization (WTO)
BAB IV Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi
A. Masa Kemerdekaan (1945–1950)
1. Proklamasi Kemerdekaan
2. Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia
3. Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan
4. Perkembangan Politik Indonesia pada Masa Kemerdekaan
5. Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa Kemerdekaan
6. Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Kemerdekaan
B. Masa Demokrasi Parlementer (1950-1959)
1. Perkembangan Politik
2. Perkembangan Ekonomi
3. Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Demokrasi Parlementer
C. Masa Demokrasi Terpimpin (1959 – 1965)
1. Perkembangan Politik
2. Perkembangan Ekonomi
3. Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Demokrasi Terpimpin
D. Masa Orde Baru (1966 – 1998)
1. Perkembangan Politik
2. Perkembangan Ekonomi
3. Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru
E. Masa Reformasi (1998-Sekarang)
1. Lahirnya Gerakan Reformasi
2. Perkembangan Politik
3. Perkembangan Ekonomi
4. Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Reformasi
Mata Pelajaran IPS dirumuskan atas dasar realitas sosial, baik pada tataran nasional, ASEAN, maupun global. Pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran wajib di SMP/MTs dengan ruang lingkup materi adalah Geografi, Sosiologi, Ekonomi, Antropologi, dan Sejarah. Pembelajaran IPS perlu diorganisasikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner dari ilmu-ilmu sosial, humaniora, dan psikologi perkembangan peserta didik. Mata Pelajaran IPS dilaksanakan melalui pembelajaran terpadu dengan menggunakan geografi sebagai titik tolak (platform) kajian dengan pertimbangan semua kejadian terikat dengan lokasi. Tujuannya adalah menekankan pentingnya interaksi antarruang dalam memperkokoh NKRI. Pembelajaran IPS di SMP/MTs lebih mengutamakan realitas sosial sebagai materi pembelajaran untuk mengembangkan sikap peduli sosial, berpikir logis, sistematis, kritis, analitis, dan keterampilan sosial dalam menghadapi abad ke-21.
Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Sebagai edisi pertama, Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini sangat terbuka terhadap masukan yang akan terus diperbaiki dan disempurnakan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih.
Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Untuk mendapatkan Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 silahkan download filenya di bawah ini.
Belum ada Komentar untuk "Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018"
Posting Komentar